Menunggu Kedatangan Penjaga Angkasa Indonesia

Menunggu Kedatangan Penjaga Angkasa Indonesia
info gambar utama

Sejak setidaknya 10 tahun terakhir, Indonesia aktif menambah perbendaharaan alutsista canggih, baik dari barat dan timur. Kita tentu mengenal jet tempur Sukhoi SU-27 dan SU-30 , juga heli serang Mi-35P buatan Russia, tank Leopard 2A6 dan Leopard 2RI, pesawat tempur ringan Tucano buatan Brazil, T-50 buatan Korsel, berbagai jenis kapal perang, dan lainnya.

Tak lama lagi, yang baru pun akan tiba. Dipesan sejak 2013, heli tempur legendaris AH-64E Apache Guardian akan segera datang ke tanah air, melengkapi kekuatan tempur Indonesia.

Walau helikopter serang baru milik Pusat Penerbangan TNI AD (Puspenerbad) baru akan dikirim akhir tahun ini, namun uji terbang telah dilakukan di AS sejak Mei lalu.

Uji terbang Apache Guardian TNI AD di AS | Wayan Agus
info gambar

Heli tempur jenis AH-64D Apache dengan kelir khas TNI AD ini terlihat sangat garang dan menawan. Kabarnya, heli yang akan memperkuat Skadron Serbu 11 di Semarang ini akan dikirim sebanyak tiga unit di tahap pertama. Lima unit lainnya akan dikirim pada awal 2018 mendatang. Total yang akan di terima sebanyak delapan unit.

Program pembangunan kapabilitas alutsista di Indonesia itu dirancang pada pemerintahan sebelumnya, dengan tiga tahap pengadaan: tahap 1 Minimum Essential Force pada 2010-2014; tahap 2 essential forces pada 2015-2019; dan tahap 3 optimum forces pada 2020-2025.

Kelir TNI AD di Apache | Wayan Agus
info gambar

Saat ini tahap pertama telah selesai dilakukan dengan realisasi Rp122,2 triliun, atau mencapai target sebesar 74,98%. Untuk tahap kedua dan ketiga, direncanakan akan dialokasikan sekitar Rp157,5 triliun.

Selain Apache, dikabarkan helikopter angkut militer legendaris Chinook juga akan menghiasi langit Indonesia. Kita tunggu

(dari berbagai sumber)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini