Gowes Pesona Nusantara merupakan salah satu bagian dari program Ayo Olahraga yang digerakkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Program ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih sering bersepeda agar lebih sehat dan mengurangi polusi. 

Gowes Pesona Nusantara yang telah dimulai pada 14 Mei 2017 ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya di mulai serentak dari empat titik terluas Indonesia yaitu Kota Sabang Provinsi Aceh, Kota Merauke di Provinsi Papua, Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, dan Kota Atambua Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari keempat kota ini, semuanya akan berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.  Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia.

Jalur Sepeda GPN di Kota Sabang
Jalur Sepeda GPN di Kota Sabang

Di Kota Sabang sendiri, titik nol kilometer atau etape lah yang menjadi start para peserta sangat menyejukan. Untuk rute bersepedanya itu sendiri di Kota Sabang ini berada disamping pantai. Hembusan angin dan suara ombak menjadi daya tarik tersendiri para peserta Gowes Pesona Nusantara. 

Lain halnya di Kota Merauke yang menjadi titik start peserta GPN lainnya. Sempat ada beberapa kejadian kecil di Merauke. Uniknya, Bupati Merauke, Frederikus Gebzenya sempat tidak ingin menyerahkan tanah dan air Merauke kepada Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah yang mewakili Mentri Pemuda dan Olahraga. 

“Bagi warga Papua tanah adalah harga diri, harga mati. Tanah itu sangat sakral. Tanah itu adalah arwah dan tanah adalah leluhur. Dalam bahasa ibu dengan menyerahkan tanah sama dengan menyerahkan diri hidup dan mati kami,” kata Freddy.

Tetapi setelah melakukan pembicaraan yang cukup baik dan menjelaskan bahwa itu merupakan bagian dari seremoni GPN 2017 Bupati dengan besar hati dan secara suka rela serta ikhlas menyerahkan tanah dan air dari Merauke Papua menjadi bagian monumen kesatuan dan persatuan Indonesia di Magelang.

Penyerahan Tanah dan Air Merauke
Penyerahan Tanah dan Air Merauke

Amanat undang-undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional menegaskan bahwa pembangunan nasional di bidang keolahragaan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi kualitas manusia, menanam nilai moral dan akhlak mulia sportivitas, disiplin, mempererat, dan membina persatuan persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa. Tujuan tersebut bisa dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi, profesi, badan usaha, atau organisasi kemasyarakatan lain sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kemitraan.

Dengan adanya program ini diharapkan agar Masyarakat Indonesia bisa leibih meningkatkan kualitas hidupnya untuk sehat, bugar dan berkarakter dan juga dapat berprestasi melalui olahraga.

Jadi tunggu apalagi? Yuk ikutan Gowes Sepeda Nusantara di kotamu!


Sumber: AyoOlahraga

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu