Lupa Sandi?

Swiss Bangun Politeknik dan Akademi Komunitas di Sejumlah Kota di Indonesia

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Swiss Bangun Politeknik dan Akademi Komunitas di Sejumlah Kota di Indonesia

Indonesia dan Swiss jalin kerjasama  bidang pendidikan bidang teknologi. Selain sekolah vokasi, kerjasama ini akan mereplikasi pembangunan politeknik di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah institusi pendidikan telah bekerjasama, seperti politeknik Morowali di Sulawesi Tengah, Bantaeng di Sulawesi Selatan, Batulicin di Kalimantan Selatan dan Semarang, Jawa Tengah. Jenis kompetensi teknik yang diterapkan akan disesuaikan dengan fokus pengembangan di kawasan industri setempat, jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebagaimana dikutip dari Sindo News.

Kerjasama ini dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dengan State Secretariate of Economic Affairs of Switzerland (SECO). Keduanya menargetkan pembentukan delapan politeknik dan akademi komunitas industri baru hingga 2019 nanti.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu kesepakatan dari pertemuan antara Kemenristek RI dan Menteri Ekonomi, Pendidikan dan Riset Swiss Johann N Schneider-Ammann. Sebagaimana kita ketahui, Swiss miliki perguruan tinggi bidang teknik yang menjadi salah satu unggulan di dunia.

Baca Juga

Selain soal pendidikan, keduanya juga membahas tentang perjanjian investasi, hak cipta, pengembangan sektor industri, hingga perundingan Indonesia-European Free Trade Association-Comprehensive Economic Partnership Agreement (EFTA-CEPA).

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara