Swiss Bangun Politeknik dan Akademi Komunitas di Sejumlah Kota di Indonesia

Swiss Bangun Politeknik dan Akademi Komunitas di Sejumlah Kota di Indonesia
info gambar utama

Indonesia dan Swiss jalin kerjasama bidang pendidikan bidang teknologi. Selain sekolah vokasi, kerjasama ini akan mereplikasi pembangunan politeknik di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah institusi pendidikan telah bekerjasama, seperti politeknik Morowali di Sulawesi Tengah, Bantaeng di Sulawesi Selatan, Batulicin di Kalimantan Selatan dan Semarang, Jawa Tengah. Jenis kompetensi teknik yang diterapkan akan disesuaikan dengan fokus pengembangan di kawasan industri setempat, jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebagaimana dikutip dari Sindo News.

Kerjasama ini dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dengan State Secretariate of Economic Affairs of Switzerland (SECO). Keduanya menargetkan pembentukan delapan politeknik dan akademi komunitas industri baru hingga 2019 nanti.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu kesepakatan dari pertemuan antara Kemenristek RI dan Menteri Ekonomi, Pendidikan dan Riset Swiss Johann N Schneider-Ammann. Sebagaimana kita ketahui, Swiss miliki perguruan tinggi bidang teknik yang menjadi salah satu unggulan di dunia.

Selain soal pendidikan, keduanya juga membahas tentang perjanjian investasi, hak cipta, pengembangan sektor industri, hingga perundingan Indonesia-European Free Trade Association-Comprehensive Economic Partnership Agreement (EFTA-CEPA).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini