Terbaik! Taman Nasional Komodo Jadi World Top 10 Best Destinations Versi NatGeo

Terbaik! Taman Nasional Komodo Jadi World Top 10 Best Destinations Versi NatGeo
info gambar utama

National Geographic atau biasa disingkat NatGeo merupakan yayasan yang didirikan di Amerika Serikat pada tanggal 27 Januari 1888 oleh 33 orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dalam meningkatkan pengetahuan geografi mereka. Yayasan National Geographic yang berkantor pusat di Washington, D.C., Amerika Serikat adalah sebuah institusi pendidikan dan ilmiah nonprofit terbesar di dunia.

Yayasan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan umum tentang geografi dunia dan pada akhirnya mensponsori penerbitan majalah bulanan National Geographic.

Majalah National Geographic itu sendiri sering mengadakan voting untuk beberapa destinasi di seluruh dunia. Salah satunya dengan mereview 100 Destinasi terbaik di dunia yang telah dipublikasikan melalui majalah NatGeo pada bulan Juli 2017. Taman Nasional Komodo yang berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pun masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik sedunia.

Tak bisa dipungkiri, taman indah ini terdiri atas tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini seluas 603 km² dengan wilayah total 1817 km².

Taman Nasional Komodo didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Disana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, terdapat 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Indahnya pulau Komodo tidak hanya menjadi sorotan NatGeo. Sebelumnya pada tahun 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara dan Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak dalam voting tersebut.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dan pada tahun ini, lagi-lagi Taman Nasional Komodo menjadi perhatian seluruh dunia sejak masuk kedalam daftar 10 destinasi terbaik dunia. Warga Indonesia pun turut berbangga termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

"Ini kan pilihan orang asing. Standarnya pasti global. National geographic sangat berwibawa, kita bangga bahwa di Indonesia ada Taman Nasional Komodo yang bisa menembus top 10 destinasi terbaik sedunia. Itu menandakan bahwa upaya kita mempopulerkan komodo itu berhasil. Destinasinya sangat menarik untuk dikunjungi orang luar," tutur Wapres Jusuf Kalla, dikutip dari keterangan pers tertulis, Kamis, 6 Juli 2017.

Banyaknya destinasi wisata yang mulai masuk dalam jejeran pariwisata Internasional menandakan bahwa lambat laun Indonesia akan semakin dikenal dunia dalam dunia pariwisata. Kita sebagai bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki Tanah Air yang mempunyai potensi sangat baik ini dan bisa kita nikmati kapanpun.


Sumber: liputan6.com | Wikipedia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini