Dean Fanggohans Bawa Medali Emas dari Thailand untuk Indonesia

Dean Fanggohans Bawa Medali Emas dari Thailand untuk Indonesia
info gambar utama

Indonesia mempunyai banyak hal yang patut dibanggakan. Salah satunya kecerdasan dan kegigihan para penerus-penerusnya.

Dean Fanggohans, yang merupakan salah satu murid di SMA 8 Pekanaru, Riau baru saja memenangkan medali emas di 49th International Chemistry Olympiad (IChO) yang telah diselenggarakan di Bangkok pada tanggal 6-15 Juli 2017.

Sebelumnya, pada tahun 2013 Dean sempat gagal di sebuah olimpiade internasional di India, tetapi Dean tak pantang menyerah. Kunci keberhasilan yang ia pegang adalah persiapan yang maksimal dan disiplin dalam belajar. "Persiapan dengan belajar sendiri dan belajar di kelas harus disiplin," katanya.

Tidak hanya itu, dari kecil Dean memang terus menorehkan prestasi nasional dan internasional bagi Indonesia. Sejak dibangku sekolah tingkat pertama di SMP Kalam Kudus, Pekanbaru, Dean sudah menyabet dua medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pada saat itu, ia juga meraih satu medali emas bidang biologi pada "International Junior Sains Olympiad" tahun 2014 di Argentina.

Dean Fanggohans dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi “Andi” Rachman
info gambar

Prestasinya terus berlanjut di SMAN 8 dengan meraih emas di OSN 2016 di Palembang, Sumatera Selatan, sebelum akhirnya terpilih mewakili Indonesia di ajang IChO.

Secara keseluruhan, tim Indonesia pada IChO ke-49 di Thailand berhasil meraih satu medali emas dan tiga perak. Peraih medali perak adalah Fahmi Naufal Rizki (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), M. Ridho Setiyawan (SMAN 1 Jawa Tengah), dan Mario Lorenzo (SMAK BPK Penabung Gading Serpong).

International Chemistry Olympiad adalah sebuah olimpiade tahunan yang diperuntukkan kepada anak-anak sekolah menengah. IChO pertama kali diselenggarakan di Prague, Czechoslovakia pada tahun 1968.

Sebelumnya pada IChO ke 48 di Georgia, satu-satunya delegasi Indonesia juga telah membawa dua medali perak dan dua medali perunggu. Dan untuk peratama kalinya tahun ini Dean membawa medali emas untuk Indonesia.

Dean bercita-cita menjadi pengusaha. Dengan kecintaannya kepada kimia, ia ingin membuat pabrik yang berkaitan dengan kimia.


Sumber: JAKARTA POST | ANTARA

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini