Lupa Sandi?

Dean Fanggohans Bawa Medali Emas dari Thailand untuk Indonesia

Agatha Olivia Victoria
Agatha Olivia Victoria
0 Komentar
Dean Fanggohans Bawa Medali Emas dari Thailand untuk Indonesia

Indonesia mempunyai banyak hal yang patut dibanggakan. Salah satunya kecerdasan dan kegigihan para penerus-penerusnya.

Dean Fanggohans, yang merupakan salah satu murid di SMA 8 Pekanaru, Riau baru saja memenangkan medali emas di 49th International Chemistry Olympiad (IChO) yang telah diselenggarakan di Bangkok pada tanggal 6-15 Juli 2017.

Sebelumnya, pada tahun 2013 Dean sempat gagal di sebuah olimpiade internasional di India, tetapi Dean tak pantang menyerah. Kunci keberhasilan yang ia pegang adalah persiapan yang maksimal dan disiplin dalam belajar. "Persiapan dengan belajar sendiri dan belajar di kelas harus disiplin," katanya.

Tidak hanya itu, dari kecil Dean memang terus menorehkan prestasi nasional dan internasional bagi Indonesia. Sejak dibangku sekolah tingkat pertama di SMP Kalam Kudus, Pekanbaru, Dean sudah menyabet dua medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pada saat itu, ia juga meraih satu medali emas bidang biologi pada "International Junior Sains Olympiad" tahun 2014 di Argentina.

Baca Juga
Dean Fanggohans dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi “Andi” Rachman
Dean Fanggohans berpose dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi “Andi” Rachman

Prestasinya terus berlanjut di SMAN 8 dengan meraih emas di OSN 2016 di Palembang, Sumatera Selatan, sebelum akhirnya terpilih mewakili Indonesia di ajang IChO. 

Secara keseluruhan, tim Indonesia pada IChO ke-49 di Thailand berhasil meraih satu medali emas dan tiga perak. Peraih medali perak adalah Fahmi Naufal Rizki (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), M. Ridho Setiyawan (SMAN 1 Jawa Tengah), dan Mario Lorenzo (SMAK BPK Penabung Gading Serpong).

International Chemistry Olympiad adalah sebuah olimpiade tahunan yang diperuntukkan kepada anak-anak sekolah menengah. IChO  pertama kali diselenggarakan di  Prague, Czechoslovakia pada tahun 1968.

Sebelumnya pada IChO ke 48 di Georgia, satu-satunya delegasi Indonesia juga telah membawa dua medali perak dan dua medali perunggu. Dan untuk peratama kalinya tahun ini Dean membawa medali emas untuk Indonesia.

Dean bercita-cita menjadi pengusaha. Dengan kecintaannya kepada kimia, ia ingin membuat pabrik yang berkaitan dengan kimia. 


Sumber: JAKARTA POST | ANTARA

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGATHA OLIVIA VICTORIA

Started as a Communication Student in Universitas Sriwijaya, Palembang. As a girl I’m a courageous one and I love challenge. I love travelling. My soul craves for new experiences and adventures. I w ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara