Berkenalan dengan Arek Malang yang Menjadi Ratu BMX ASEAN

Berkenalan dengan Arek Malang yang Menjadi Ratu BMX ASEAN
info gambar utama

Elga Kharisma Novanda namanya. Gadis asal Malang, Jawa Timur ini, berulang kali kantongi medali emas di kejuaraan nasional dan internasional. Tak heran ia disebut-sebut sebagai Ratu BMX ASEAN.

Meski debutnya di dunia balap sepeda belum terbilang lama, atlet kelahiran 14 November 1993 ini bukan "anak baru" di ajang olahraga satu ini. Orangtuanya Bambang Irianto dan Eny Khusnul Chotimah kerapkali menjadi panitia dalam kejuaraan balap sepeda di Malang. Bahkan dua pamannya merupakan mantan pebalap sepeda nasional, yang kini berprofesi sebagai pelatih.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Sebab sering melihat, ia pun mencoba lalu ketagihan. Hingga orangtua mendorongnya ikut kejuaraan di kotanya. Keikutsertaan pertamanya ini buahkan juara. Bersama dua pebalap muda Indonesia lainnya, pada 2011 Elga mendapat beasiswa ke Swiss. Di sana mereka mengasah kemampuan di markas Uni Sepeda Internasional (UCI).

Sepulangnya dari Swiss, bungsu dari tiga bersaduara ini dihadapkan pada kejuaraan SEA Games di Indonesia. Ia diharapkan mencetak emas dari nomor BMX, yang berhasil didapatnya. Setahun kemudian ia menjadi juara dalam PON 2012 di Riau, serta kembali meraih emas dalam SEA Games di Myanmar.

Selanjutnya ia terus mengikuti berbagai kejuaraan dunia. Mulai dari Asian Games 2014 di Korea Selatan hingga Kejuaraan Dunia di Belanda. Ia pun mendapat pelatihan di Swiss sebanyak empat kali.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Menjadi juara bukan hal mudah. Selain ulet berlatih, Pembalap Timnas Indonesia ini juga pernah rasakan trauma. Saat ikuti Kejuaraan Dunia, bahu kirinya cedera. Meski cideranya pulih, cukup lama ia menjali terapi untuk hilangkan trauma.

Saat ini Elga tengah mengikuti Pelatnas bersama empat atlet BMX lainnya, Cupi Novinati, Tony Sarifudin, Rio Akbar dan Bagus Saputra. Ia bertekad mempertahankan peraihan medali emas dalam SEA Games di Malaysia pada Agustus 2017 mendatang.

Dari berbagai sumber.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini