Akhirnya, Bandara di Indonesia dinobatkan menjadi no. 1 dunia

Akhirnya, Bandara di Indonesia dinobatkan menjadi no. 1 dunia
info gambar utama

Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I masuk dalam peringkat 10 besar dunia dengan tingkat kepuasan penumpang tertinggi pada kuartal I/2017 versi Airports Council International (ACI).

Ketiga bandara itu adalah Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan peringkat pertama dari total 85 bandara dunia pada kategori penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Bandara Balikpapan, juara I | Klik Sangatta
info gambar

Kemudian, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat kedua pada dari total 37 bandara pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun. Lalu, Bandara Juanda Surabaya berada di posisi 10 pada kategori yang sama.

Bandara Juanda Surabaya | Akhyari hananto
info gambar

ACI merupakan organisasi bandara terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Program Airport Service Quality (ASQ) dari ACI merupakan program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara.

Bandara Ngurah Rai, Bali | youtube
info gambar

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Danang S. Baskoro mengatakan peningkatan peringkatan kepuasan penumpang menunjukkan komitmen AP I dalam memberikan standar layanan yang baik kepada para penumpang.

Danang juga menambahkan peningkatan peringkat juga merupakan indikator perwujudan visi perseroan untuk dapat menjadi salah satu dari 10 besar pengelola bandara terbaik di Asia ke depannya.

Untuk diketahui, program ASQ ini mengukur opini dari 34 indikator kerja, antara lain seperti akses bandara, check in, security screening, fasilitas belanja, restoran dan toilet. ASQ juga menjadi standar dunia untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara.

Sumber : Bisnis.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini