A Saturdate with cooltura_ID: #KoreaDaebak

A Saturdate with cooltura_ID: #KoreaDaebak
info gambar utama

Cooltura_ID diambil dari kata ‘cool’ dan ‘kultura’ yang berarti budaya yang menyejukan. Sedangkan ‘ID’ merupakan representasi dari Indonesia.

Berawal dari pengalaman sebagai pelajar di negeri asing yang merasakan langsung interaksi antara budaya, suku, ras, agama, bangsa dan berbagai lapisan masyarakat.

Di saat itu, kami benar-benar menerima dan merasakan sejatinya arti Bhineka Tunggal Ika dan tenggang rasa yang selama ini hanya tertulis di buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Singkatnya, Cooltura_ID ingin menjadi seperti kulkas yang dingin, memiliki banyak isi, mencegah busuk, karena selalu diisi ilmu baru dan segar. Sedangkan ‘coolers’, sebutan kami untuk teman-teman yang senantiasa mengikuti kegiatan yang dicanangkan ‘kulkas’ (staff Cooltura_ID), akan menjadi agen untuk menyampaikan informasi yang baru dan segar tadi ke lebih banyak orang lagi.

‘Coolers’ nanti akan mengolah isi kulkas menjadi lebih bergizi dan bermanfaat. Tujuan dari Cooltura_ID sendiri adalah membangun komunikasi untuk saling memahami dan membuka perspektif yang lebih bersih dan segar.

Acara a saturdate with Cooltura_ID merupakan salah satu kegiatan acara dwi bulanan yang diselenggarakan oleh Cooltura_ID pada setiap hari Sabtu sore. Kali ini Cooltura_ID mengangkat tema #KoreaDaebak, mengundang dua orang nara sumber; Wahyuni Fitria Nasution, sebagai lulusan sarjana strata satu dari Ajou University, jurusan Sastra Inggris dan Mister Jung Young Soo yang juga memiliki nama Indonesia, ‘Bapak Ganes’, yang merupakan warga asli Korea yang saat ini bekerja sebagai relawan pendidikan dari KOICA, sebuah organisasi kebudayaan milik pemerintah Korea Selatan.

Acara a saturdate with Cooltura_ID : #KoreaDaebak ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 di Maraca Books & Coffee yang beralamat di Jl. Jalak Harupat no. 9A – Bogor Tengah dari jam 2 siang, dan menargetkan para pemuda Bogor sebagai pengunjung utama.

Opini Bapak Ganes akan tingginya tingkat kelembaban negara Indonesia tertutup dengan pengalamannya berkeliling ke beberapa kota di Indonesia menggunakan fasilitas bus umum. "Berbeda dengan Korea yang kecil, Indonesia itu sangat luas dan tempat-tempatnya sangat indah sekali. Butuh waktu bertahun-tahun untuk saya agar bisa mengelilingi Indonesia."

Pengalaman Ayu, nama panggilan dari Wahyuni, pun berbeda, "mungkin sudah banyak yang tahu akan fenomena operasi plastik di Korea Selatan. Double eyelid procedure atau operasi lipatan ganda kelopak mata atas adalah salah satu jenis operasi paling sering dilakukan. Saya sebagai orang Indonesia yang semenjak lahir sudah memiliki lipatan ganda pada mata ini sering kali dipuji oleh orang Korea. Ini adalah salah satu alasan terkecil dari segunduk alasan kenapa saya bangga menjadi orang Indonesia."

Acara ini sukses diselenggarkan, dihadiri lebih dari 20 peserta dengan antusias yang cukup tinggi, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

“Acara a saturdate with Cooltura_ID : #KoreaDaebak ini membuktikan bahwa Korea tidak hanya sekedar budaya pop-nya saja, namun juga memiliki kekayaan budaya lainnya yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut lagi. Ujar Ayu Sudiantari sebagai salah satu pendiri Cooltura_ID.

“Acaranya seru banget, karena kita dapat menggali lebih dalam tentang budaya negara lain yang dikemas dengan obrolan santai.” Tambah Mayumi Alfianti, sebagai salah satu peserta acara dan juga karyawan perusahaan asing di Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini