Kado Terindah untuk Anak Jalanan Jakarta

Kado Terindah untuk Anak Jalanan Jakarta
info gambar utama

“Saya tanya salah satu anak jalanan yang tinggal kolong jembatan, kalau sudah besar mau jadi apa?” kata Jenny Choa. “Anak itu bilang, ‘saya gamau jadi apa-apa.’”

Pulang ke Indonesia di akhir tahun 2013 setelah kuliah dan bekerja di luar negeri selama 15 tahun, Jenny merasa terdorong dengan percakapan ini. Bagaimana bisa seorang anak tumbuh cita-cita?

Bersama temannya, Georges Hilaul, seorang pesulap profesional berdarah Indonesia-Belanda, Jenny mendirikan Inspiration Factory Foundation pada tahun 2014. Mereka meninggalkan kenyamanan perkotaan dan bekerja full-time untuk menjalankan Inspiration Factory.

Image: Our Better World
info gambar

Inspiration Factory aktif dalam mengubah kehidupan di kolong jembatan, mengajarkan pengetahuan akademik, meningkatkan kepercayaan diri anak-anak jalanan sejak usia dini, dan mendorong mereka untuk berani bermimpi serta mewujudkannya.

Di bawah kolong jembatan, organisasi ini bersama para relawan mengadakan program sekolah setiap hari Minggu pagi. Setiap anak diberikan baju seragam dan tas sekolah. Hampir 300 anak jalanan dari umur 6-12 tahun ikut serta dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan belajar mengajar, mereka diajarkan baca tulis, Bahasa Inggris, dan pentingnya disiplin dan tanggung jawab. Untuk meningkatkan kedisiplinan anak-anak, para pengajar secara rutin memantau kartu daftar hadir pelajar dan mewajibkan anak-anak untuk mengikuti upacara sebelum kegiatan belajar dimulai.

Foto: Our Better World
info gambar

Mereka juga diberi “buku mimpi”, di mana mereka menuliskan cita-cita mereka. Di akhir sesi, mereka diminta untuk menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan cita-cita mereka.

“Setiap anak berhak untuk memiliki cita-cita,” kata Jenny pada Our Better World, program cerita inspiratif dari Singapore International Foundation. “Setiap orang memiki kebesaran di dalam diri mereka.”

Foto: Our Better World
info gambar

“Kami mengajak anak-anak ke bioskop baru-baru ini,” kata Georges. Mall mewah dengan bioskop besar terletak sangat dekat dari pemukiman kumuh tempat anak-anak tinggal.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah mereka bisa melihat ada pekerjaan lain di luar sana,” kata Georges pada Our Better World. Tanpa tahu dunia di luar kolong jembatan, anak-anak tersebut hanya mengetahui pekerjaan sebagai pemulung, pedagang asongan, atau pekerja seks.

Di Minggu terakhir setiap bulan, anak-anak yang berulang tahun pada bulan tersebut mendapatkan perayaan ulang tahun dan kado ulang tahun.

Foto: Our Better World
info gambar

Jenny dan Georges bercerita bahwa beberapa anak bahkan tidak tahu kapan ulang tahunnya, dan orang tua mereka pun tidak mencatat tanggal lahir mereka. Inspiration Factory akhirnya berinisiatif untuk memberikan tanggal ulang tahun, sehingga anak-anak tersebut merasa percaya diri.

Inspiration Factory Foundation tidak hanya memberikan ilmu dan kado ulang tahun bagi anak-anak kolong jembatan. Kado terindah dari mereka adalah rasa percaya diri, harapan, dan cita-cita untuk anak-anak jalanan.

Kini, anak-anak jalanan tersebut akan tumbuh dewasa dengan cita-cita dan kemampuan untuk mewujudkannya.

Inspiration Factory Foundation mengajak kamu untuk berdonasi atau ikut serta menjadi sukarelawan. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

A story by Our Better World – telling stories of good to inspire action.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini