7 Fakta Mengagumkan Tentang ASEAN yang Bakal Berumur 50 Tahun

7 Fakta Mengagumkan Tentang ASEAN yang Bakal Berumur 50 Tahun

ASEAN © voanews.com

Negara-negara asia tenggara yang tergabung dalam ASEAN (Association of South East Nations) dianggap memiliki momentum yang penting dalam beberapa dekade kedepan. Sebab wilayah ini merupakan regional yang diprediksi bakal menjadi kekuatan ekonomi dunia yang baru dan pada tahun ini ASEAN akan memasuki tahun ke 50. Tidak heran bila ASEAN menjadi pembahasan yang menarik saat ini dan mencari tahu seperti apa kondisi organisasi yang terdiri dari 10 negara itu pada tahun ini.

Ada banyak fakta menarik tentang ASEAN dan GNFI berusaha merangkumnya dalam tujuh hal.

1. ASEAN dirikan pada di bulan Agustus 1967

Organisasi perserikatan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN merupakan organisasi yang mulanya didirikan oleh 5 negara. Bukan 10 negara seperti yang saat ini menjadi anggota. Deklarasi pendirian tersebut dilakukan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pada tanggal yang sama setiap tahunnya diperingati hari ASEAN di seluruh negara anggota.

2. Sekretariat ASEAN berada di Indonesia

Meskipun dideklarasikan di Bangkok, kantor sekretariat pusat ASEAN ternyata berada di Indonesia. Mulanya sekretariat berada di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Namun sejak tahun 1981 kantor sekretariat berada di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. ASEAN merupakan organisasi dengan anggota yang sangat beragam

Bila Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman budaya, ASEAN kerap dikenal sebagai regional yang sangat beragam. Sebab setiap negara memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Sebut saja, Indonesia hampir 90 persen penduduknya adalah Muslim. Kemudian Filipina 80 penduduk merupakan penganut Katolik Roma. Begitu juga dengan Thailand yang 95 persen populasinya menganut agama Budha.

4. Seluruh penduduk ASEAN bila disatukan menempati posisi tiga terbesar dunia

Jumlah penduduk Tiongkok saat ini tetap menjadi yang tertinggi di dunia dengan jumlah 1,379 milyar jiwa. Sedangkan ASEAN berada di posisi ketiga dengan jumlah total sebesar 629 juta jiwa. Angka ini berada di bawah India yang memiliki jumlah penduduk 1,324 milyar jiwa. Menariknya, lebih dari setengah penduduk ASEAN merupakan angkatan muda yang produktif berusia dibawah 30 tahun.

5. Empat negara ASEAN merupakan negara produsen ikan terbesar dunia

Dari daftar 10 besar produsen ikan terbesar dunia, empat negara di ASEAN termasuk di dalamnya. Empat negara tersebut adalah Indonesia, Thailand, Vietnam and Filipina.

6. Kekuatan Ekonomi ASEAN diprediksi bisa mencapai peringkat empat dunia

Jika seluruh ekonomi di negara anggota ASEAN disatukan, total GDP (Gross Domestic Product) berada di peringkat tujuh dunia dengan nilai 2,7 Trilyun Dolar US (2017). Sedangkan pada tahun 2030 nilai ekonomi tersebut bakal meningkat menjadi 8,1 Trilyun Dolar US dan menempati posisi keempat dunia setelah Tiongkok di peringkat pertama, India, dan Uni Eropa.

7. ASEAN merupakan rumah dari banyak perusahaan kuat dunia

Pada tahun 2006, ASEAN memiliki 49 perusahaan yang masuk dalam daftar Forbes Global 2000. Sedangkan di tahun 2013, jumlah perusahaan yang masuk dalam daftar meningkat menjadi 74 perusahaan. Sementara 227 perusahaan dunia dengan nilai pendapatan melebihi 1 Milyar US telah berada di ASEAN.

Jumlah perusahaan di ASEAN (Grafik: Mckinsey & Co)
Jumlah perusahaan di ASEAN (Grafik: Mckinsey & Co)

Pilih BanggaBangga58%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli11%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau15%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bangga ! Handprint Joe Taslim Ada di Korea Selatan Sebelummnya

Bangga ! Handprint Joe Taslim Ada di Korea Selatan

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu Selanjutnya

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://bagusramadhan.id

Seorang copywriter dan penulis konten yang berusaha menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.