Cooltura_ID: Something Great from the British

Cooltura_ID: Something Great from the British
info gambar utama

Pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 nanti cooltura_ID kembali lagi dengan acara regulernya. Sesuai dengan banyaknya permintaan dari peserta acara sebelumnya yang kebanyakan meminta agar cooltura_ID dapat membahas tentang kebudayaan Inggris. Maka, tema acara dengan hashtag #TheGreatBritish pun dipilih.

Dengan menampilkan kombinasi pembicara lokal yang pernah memiliki pengalaman tinggal di Inggris dan juga orang Inggris asli yang sedang tinggal di Indonesia, diharapkan para peserta pun akan mendapatkan masukan yang seimbang dari kedua belah pihak.

Untuk memberikan suasana yang baru, kali ini cooltura_ID memilih Kolaborato_ID-coworking space, yang terletak di jl. Bogor Baru A4, no.8, sebagai lokasi acara. Selain letaknya yang strategis juga dikarenakan Cooltura_ID ingin memperkenalkan coworking space sebagai nuansa kerja baru dengan konsep berbagi tempat yang sebenarnya sudah diadaptasi lama di kota-kota besar di dunia, namun baru saja tersedia di Bogor.

Menerapkan konsep 3N atau ‘Ngobrol’, ‘Ngopi’, dan ‘Ngasih-ilmu’, acara ini bersifat santai namun tetap bisa memberikan ilmu pengetahuan lebih, terutama tentang budaya dari negara lain, kepada para pesertanya yang kebanyakan merupakan anak muda.

“Berawal dari pengalaman kami sebagai pelajar di negeri asing yang merasakan langsung interaksi antara budaya, suku, ras, agama, bangsa dan berbagai lapisan masyarakat. Di saat itu, kami benar-benar menerima dan merasakan sejatinya arti Bhineka Tunggal Ika dan tenggang rasa yang selama ini hanya tertulis di buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Ujar Ayu salah satu pendiri dari cooltura_ID.

Viera, salah satu pendiri cooltura_ID lainnya juga menambahkan, “singkatnya, Cooltura_ID ingin menjadi seperti kulkas yang dingin, memiliki banyak isi, mencegah busuk, karena selalu diisi ilmu baru dan segar. Sedangkan ‘coolers’, sebutan kami untuk teman-teman yang senantiasa mengikuti kegiatan yang dicanangkan ‘kulkas’ (staff Cooltura_ID), akan menjadi agen untuk menyampaikan informasi yang baru dan segar tadi ke lebih banyak orang lagi.”

Sebenarnya, kegiatan semacam ini sangat mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan kota lainnya. Akan tetapi, kota satelite, seperti Bogor tampak seperti 'dilupakan', padahal banyak pemuda Bogor yang juga haus akan informasi mengenai hal-hal yang sedang trend di luar sana.

Banyak pihak penyelenggara acara berpikir bahwa, jika ingin mengikuti kajian yang serupa, para warga Bogor ini dapat pergi ke Jakarta. Namun, pada kenyataannya mereka butuh waktu dua sampai tiga jam untuk mencapai lokasi acara. Cooltura_ID memberikan solusi untuk mempersingkat waktu dan tenaga para penduduk Bogor agar dapat memiliki pengalaman yang sama dengan para penduduk kota besar lainnya.

Dengan diadakannya kegiatan diskusi lintas budaya seperti ini, cooltura_ID berharap bahwa ke depannya pembangunan diaspora di Indonesia dapat terjadi secara merata, tidak hanya di kota-kota besar saja.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini