Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sering digunakan masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Dengan luas daratan  1.922.570 kilometer persegi, Indonesia memiliki rel kereta api sepanjang 5.042 kilometer.  

Di Indonesia terdapat juga salah satu jalur rel ekstrim yaitu jembatan cisomang yang berada diatas ketinggian lebih dari 100 meter dari dasar sungai Cisomang dan memiliki panjang sepanjang 243 kilometer. Dengan ketinggian  100 meter lebih jembatan Cisomang meraih rekor jembatan kereta aktif tertinggi di Indonesia. Pada jembatan Cisomang  terdapat jalur ganda kereta api antara stasiun Cisomang dengan stasiun Cikadongdong. Jembatan baru menggunakan konstruksi rangka baja yang melengkung keatas.

Jembatan Cisomang ini berlokasikan di Desa Cisomang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jembatan ini digunakan untuk menghubungkan kota Bandung dengan kota Jakarta. Disamping letak jembatan Cisomang yang kini aktif digunakan terdapat jembatan Cisomang lama yang berumur lebih dari 100 tahun. Jembatan cisomang lama dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1894.

Jembatan Cisomang lama bercirikan pilar besi baja yang menjulang tinggi, dengan pondasi beton tertanam 3 meter lebih di kedalaman tanah. Jembatan ini kini sudah tidak dipergunakan lagi sebagai jalur yang menghubungkan Kabupaten Purwakarta dengan Kabupaten Bandung Barat.

Namun warga sekitar jembatan cisomang memanfaatkan jembatan lama ini sebagai akses untuk menjangkau daerah yang terletak diseberang jembatan. Tak hanya itu tak jarang, disaat sore menjelang terdapat anak-anak muda duduk bercengkrama diatas jembatan.


Sumber: https://kabarpenumpang.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu