Lupa Sandi?

Ini Dia Serangkaian Acara Jember Fashion Carnaval 2017 Yang Sudah Mendunia

Andari Widanto Fitria Aisyah
Andari Widanto Fitria Aisyah
0 Komentar
Ini Dia Serangkaian Acara Jember Fashion Carnaval 2017 Yang Sudah Mendunia

Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman budaya-nya. Sadar dengan hal itu, beberapa daerah di Indonesia sudah mulai rajin menggelar festival tahunan yang seru untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan non lokal. Salah satunya adalah Jember Fashion Carnaval (JFC).

JFC merupakan sebuah acara karnaval busana yang setiap tahun digelar di kota Jember, Jawa Timur. JFC berdiri sejak tahun 2001 yang digagas oleh  Dynand Fariz. Dynand Faris adalah pendiri Jember Fashion Carnaval Center (JFCC) sekaligus pemilik rumah mode Dynand Faris.

JFCC adalah lembaga nirlaba yang menaungi kegiatan JFC dan dikelola secara profesional. Program utama JFC adalah penyelenggaraan karnaval setahun sekali dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. JFC sendiri diikuti lebih dari 400 peserta dan disaksikan oleh raturan ribu penonton di kanan dan kiri jalan kota Jember. Karnaval ini telah menjadi sangat populer dan menjadi salah satu daya tarik wisata di kota Jember.

JFC sudah ke 16 kali-nya berlangsung dan tema yang diangkat tahun ini adalah “victory” atau kemenangan.  Di dalam tema v i c t o r y sendiri berisi 10 tema unik yang mempresentasikan perjalanan JFC dalam meraih prestasi di level Dunia dalam kategori National Costume yaitu Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Worderful of Betawi dan Unity in Diversity.

Baca Juga
salah satu tema yang diperagakan JFC tahun lalu
salah satu tema yang diperagakan JFC tahun lalu

“JFC ke-16 akan mengangkat tema Victory. Kemenangan JFC di tingkat dunia akan ditampilkan dalam event tahun ini. Kita sudah 13 kali meraih kemenangan best national costume dalam ajang Miss Univverse. Dari 13 kemenangan itu, 8 diantaranya akan menjadi tema besar defile yang akan ditampilkan pada JFC ke-16 tahun ini.” Ungkap Dynand

Dynand menambahkan bahwa tema victory ini memang sengaja dipilih untuk menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat dan dunia bahwa Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan merupakan identitas dan ciri khas serta kekuatan tersendiri untuk meraih kemenangan. 

JFC tahun ini akan digelar mulai tanggal 09 – 13 Agustus 2017. Karnaval ini berlangsung selama 4 hari. Setiap harinya memiliki berbagai kostum yang berbeda. Pada 09 Agustus 2017 dimulai dengan JFC International Exhibition. JFC Exhibition akan diisi kurang lebih 200 stand dengan produk FACT (Fashion, Art, Culture, Tourism and Culiner) dengan hiburan Kesenian Daerah. Setelah itu setiap harinya akan dilaksanakan karnaval fashion disepanjang jalan kota Jember.

Peresmian JFC 2017 oleh Menteri Pariwisata
Peresmian JFC 2017 oleh Menteri Pariwisata

Kids Carnival  yang diperagakan oleh anak-anak menggunakan  Costum Carnival, dengan berjalan disepanjang Jalan Sudarman (start), Jalan Sultan Agung, hingga ke Jalan Gajah Mada (finish) pada 10 Agustus 2017. Lalu pada tanggal 11 Agustus 2017 akan diadakan Artwear Carnival dengan special performing art Fall Winter yang akan diperagakan oleh model dengan rute yang sama seperti Kids Carnival.

Tanggal 12 Agustus 2017 akan ada Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI). Dalam acara ini setiap perwakilan provinsi dari seluruh Indonesia akan menampilkan berbagai penampilan seni keindahan budaya nasional Indonesia dengan berjalan di rute yang sama seperti Kids Carnival.

Dan acara yang paling ditungu-tunggu yaitu acara puncak JFC 2017 pada tanggal 13 Agustus 2017, JFC-16 Victory. JFC 16 Victory merupakan Street Fashion dengan catwalk disepanjang Jalan Sudarman (start), Jalan Sultan Agung, Jalan. Gajah Mada , Gedung Serbaguna (finish).

Kemeriahan JFC 2017
Kemeriahan JFC 2017

Selain itu, paket-paket wisata destinasi destinasi dan produk unggulan di Jember juga akan dipasarkan dalam JFC. Masyarakat Indonesia harus bangga karena JFC sudah diakui dunia dan kota Jember sudah ditetapkan sebagai kota Karnaval setaraf dengan kota-kota karnaval internasional lainnya seperti Rio de Janeiro, Brazil. Jadi, catat tanggal-tanggal di atas dan jangan lupa isi weekend kali ini dengan berkunjung ke kota Jember.


Sumber: travel.kompas.com, www.jemberfashioncarnaval.com 

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ANDARI WIDANTO FITRIA AISYAH

Keterbatasan bukanlah batasan untuk meraih sebuah mimpi. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara