Keren! Mahasiswa UI Ciptakan Cardium, Alat Pendeteksi Risiko Jantung dan Diabetes

Keren! Mahasiswa UI Ciptakan Cardium, Alat Pendeteksi Risiko Jantung dan Diabetes

Illustrasi Jantung © Sehat Alami

Penyakit kardiovaskuler dan diabetes merupakan salah satu penyebab kematian di Indonesia yaitu sebesar 37 persen untuk penyakit jantung dan 6 persen untuk penyakit diabetes. Hal itupun yang memacu Mahasiswa Universitas Indonesia menciptakan suatu alat yang dapat mendeteksi penyakit tersebut agar masyarakat bisa berjaga-jaga.

Yaitu Zackie Alfian Rizaldy (Fakultas Kedokteran 2014), Gradi Adriandi (Fakultas Teknik 2014), Albertus Hendra (Fakultas Teknik 2015), dan Arief Purnama M (Fakultas Kedokteran 2015) lah yang membuat alat pendeteksi penyakit jantung dan diabetes.

Alat yang dinamakan Cardium atau Cardio and Diabetes Risk Measurement merupakan sebuah perangkat yang menerapkan teknologi real time saat mengukur risiko kejadian penyakit jantung koroner dan diabetes.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Cardium yang dibuat oleh mahasiswa UI (© VIVA NEWS)

Di bawah bimbingan Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, alat ini juga dilengkapi dengan pengukur tekanan darah, nilai gula darah, dan mikrokontroler arduino yang diharapkan mampu membantu petugas kesehatan di Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) dalam mendiagnosis penderita diabetes dan kardiovaskular, sehingga dapat mempercepat petugas untuk segera merujuk penderita ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

Seperti yang diketahui, penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke. Dalam banyak kasus kelainan jantung baru terdeteksi saat terjadi serangan jantung.

Sedangkan penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Kedua penyakit ini tentunya memiliki resiko kematian yang cukup tinggi.

Maka dari itu melalui Inovasi teknologi ini, besar harapan dari banyak kalangan agar Cardium dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi peralatan kesehatan yang praktis, ergonomis, ekonomis, dan dengan metode pengukuran terstandardisasi, sehingga sangat berpotensi untuk mendukung program kesehatan nasional.

Sumber: Diolah dari banyak sumber

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi20%
Pilih TerpukauTerpukau20%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Akhirnya Dua Pulau Terluar RI Kini Punya Bandara! Sebelummnya

Akhirnya Dua Pulau Terluar RI Kini Punya Bandara!

Indonesia jadi Negara Terfavorit untuk Dikunjungi versi Conde Nast Traveler Selanjutnya

Indonesia jadi Negara Terfavorit untuk Dikunjungi versi Conde Nast Traveler

Agatha Olivia Victoria
@ladygathgath

Agatha Olivia Victoria

flavors.me/narradevictoria

Started as a Communication Student in Universitas Sriwijaya, Palembang. As a girl I’m a courageous one and I love challenge. I love travelling. My soul craves for new experiences and adventures. I would rather climb a rock or jump out of an airplane than going to the mall like another girl or stay at home will suck my life.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.