Mari Belajar Sejarah Senjata Tradisional di Museum Keris Nusantara!

Mari Belajar Sejarah Senjata Tradisional di Museum Keris Nusantara!
info gambar utama

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Museum Keris Nusantara di Solo, Jawa Tengah pada Rabu (09/08). Selain keris, museum ini juga memajang koleksi berupa senjata tradisional dari berbagai penjuru nusantara.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap agar di museum ini masyarakat dapat mempelajari sejarah keris yang merupakan warisan seni budaya Indonesia. Selain keris, museum ini juga menyimpan tombak, pedang dan senjata tradisional lain.

Dalam agenda peresmian tersebut diadakan pula arak-arakan yang mengusung sejumlah koleksi museum. Museum yang terletak di selatan Stadiun Sriwedari ini menyimpan sekitar 400 keris dan senjata tradisional dari penjuru nusantara. Sebagian besar koleksi merupakan pemberian dari masyarakat.

Pembangunan fisik museum berlangsung sejak 2013. Museum ini dilengkapi diorama yang menjelaskan proses pembuatan keris, lengkap dengan peralatan dan wadah bernama besalen. Ada pula perpustakaan dan ruang edukasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini