Menteri Susi: Laut Natuna Penting bagi Indonesia

Menteri Susi: Laut Natuna Penting bagi Indonesia
info gambar utama

Menteri Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa Laut Natuna penting bagi pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

"Natuna sangat penting bagi kedaulatan laut Indonesia. Kemenangan di Natuna penting bagi persatuan dan kedaulatan Indonesia, "kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Tempo.co.

Susi menjelaskan bahwa pengembangan Pusat Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Natuna hampir selesai. Dia mengharapkan SKPT tersebut dapat diresmikan pada Oktober atau November.

Menurut Susi, tantangan selanjutnya adalah menarik kapal penangkap ikan nasional untuk menuju Natuna. Oleh karena itu, Menteri Keuangan menyarankan agar pemerintah membangun sarana dan prasarana yang bisa menampung kapal dari daerah lain, termasuk tempat penyimpanan beku (cold storages) dan pasar ikan.

"Namun kita juga perlu melindungi masyarakat Natuna, dengan menyusun peraturan yang melarang kegiatan penangkapan ikan di sekitar pulau," tambahnya.

Menteri Susi Pudjiastuti berharap pembangunan SKPT akan memperbaiki perekonomian di Natuna. Pemerintah juga akan membangun pusat serupa di beberapa pulau terluar, seperti Tahuna, Saumlaki, dan Merauke.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini