Ritech Expo 2017 : Hadirkan Inovasi Terkini Karya Anak Bangsa

Ritech Expo 2017 : Hadirkan Inovasi Terkini Karya Anak Bangsa

©ritechexpo.id

Tepat hari Ini di tahun 1995 silam, pertama kalinya karya anak bangsa dalam wujud pesawat terbang N-250 mengudara, yang akhirnya menjadi tonggak lahirnya inovasi – inovasi dan terobosan baru karya anak bangsa dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Kini, di tanggal yang sama bangsa ini merayakan hal tersebut sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang telah konsisten dirayakan selama 22 tahun terakhir.

Ditahun yang ke-22 ini, untuk pertama kalinya perayaan tersebtu dilakukan di luar Pulau Jawa yakni Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai lokasi perayana puncak Hakteknas tahun 2017. Selepas perayaan yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan beberapa Menteri serta pejabat lainnya, acara pun dilanjutkan dengan pembukaan Ritech Expo yang berlangsung di Wisma Negara, Center Point of Indonesia (CPI).

Ritech Expo merupakan sebuah pameran tahunan yang diinisiasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi anak – anak bangsa dalam bidang teknologi baik itu dari perguruan tinggi, lembaga riset, dan industri – industri lainnya. Suasana pameran yang baru saja dibuka siang ini oleh Wapres Jusuf Kalla cukup ramai dengan para pengunjung yang memadati 172 booth dari 72 instansi yang berpartisipasi.

Gesits, Motor listrik hasil inovasi anak  bangsa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS) Surabaya
Gesits, Motor listrik hasil inovasi anak bangsa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Mata setiap pengunjung akan tercengang begitu rupa melihat inovasi – inovasi anak bangsa yang cukup luar biasa, mulai dari motor listrik, pemindai otak 4 dimensi hingga senjata – senjata buatan PT Pindad dengan kecanggihan yang luar biasa. Tidak heran bahwa kita patut berbangga akan anak – anak bangsa yang mampu menghasilkan karya luar biasa demi kemajuan negeri ini.

Makassar sebagai tuan rumah tahun ini memang memiliki garis proximity yang cukup erat dengan tema Hakteknas ke-22 yakni “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan.” Sebagai salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang, Sulawesi Selatan memiliki pelabuhan laut yang cukup ramai dan merupakan pintu masuk ke Indonesia Timur. Tidak heran pula bahwa daerah ini memang terkenal sebagai daerah maritim yang cukup berpengaruh di nusantara.

MINO, microbubble generator karya mahasisw aUGM yang berhasil meraih penghargaan internasional (suaramerdeka.com)
MINO, microbubble generator karya mahasiswa UGM yang berhasil meraih penghargaan internasional (suaramerdeka.com)

Seiring dengan tema yang diangkat, berbagai inovasi yang berkaitan erat dengan kemaritiman pun turut dipamerkan dalam Ritech Exppo 2017. Mulai dari Laboratorium Bongkar Muat Pelabuhan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Microbubble Generator karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Kapal Pelat Datar hingga Sistem Pemantauan untuk Inovasi Pembangunan Maritim Nasional yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (LAPAN).

Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2017 hingga 13 Agustus 2017. Selama empat hari kedepan, masyarakat dipersilahkan untuk datang dan menikmati hasil karya anak bangsa yang mampu menjadi dorongan bagi setiap insan negeri ini untuk tetap berbangga sebagai bangsa Indonesia, bahwa anak – anak bangsa kini sudah mulai bisa menunjukkan taringnya di mata dunia sebagai bangsa yang tidak henti berinovasi, tidak henti berkarya, dan tidak henti membangun negeri. Akan ada Business Matching, Seminar/ Talkshow, Demo Produk, Demo Sains, Pameran Fotografi, serta Awarding Night yang menjadi rangkaian dari acara Ritech Expo 2017.


*GNFI

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Keren! Mahasiswa UI Ciptakan Cardium, Alat Pendeteksi Risiko Jantung dan Diabetes Sebelummnya

Keren! Mahasiswa UI Ciptakan Cardium, Alat Pendeteksi Risiko Jantung dan Diabetes

Makepung Lampit Kembarannya Karapan Sapi Selanjutnya

Makepung Lampit Kembarannya Karapan Sapi

Thomas Benmetan
@thomasbenmetan

Thomas Benmetan

http://benmetan.blogspot.com

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pursuing his career as a writer and traveller.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.