Ada yang berbeda dari peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, yaitu selama sebulan penuh pemerintah melaksanakan berbagai acara yang terbuka untuk rakyat. Sejak tanggal 1 Agustus 2017, koleksi lukisan-lukisan di Istana Negara dipamerkan untuk umum. Lukisan-lukisan tersebut banyak yang telah berusia puluhan tahun, beberapa diantaranya merupakan saksi bisu dan ilustrasi perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Hal unik yang menjadi ciri khas menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap tahun adalah masyarakat berbondong-bondong mengikuti lomba yang diadakan mulai dari RT, RW, Keluarahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. Kemeriahan selalu menyelimuti setiap lomba yang dilaksanakan, peserta yang berasal dari berbagai latar belakang usia dan profesi menjadi warna pembeda setiap tahunnya. Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif akan mengakomodir beberapa lomba yang rencananya akan digelar di Car Free Day di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Selain lomba, pemerintah juga akan membuat pentas seni dan mengajak masyarakat untuk makan ikan bersama.

Tak cukup sampai disitu, acara lain yang tak kalah menarik akan dilaksanakan di Monumen Nasional. Sebanyak 300 drone akan diterbangkan serentak dalam berbagai konfigurasi. Acara ini sekaligus sebagai penanda dimulainya hitung mundur setahun menuju pelaksanaan Asian Games 2018.

 
Sumber: Korpri Online

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu