Animo Tarian Saman dengan 12.262 Penari yang Luar Biasa!

Animo Tarian Saman dengan 12.262 Penari yang Luar Biasa!
info gambar utama

Indonesia merupakan negeri yang memiliki banyak kebudayaan yang menarik. Dari Sabang hingga Merauke, kebudayaan yang ada sangatlah beragam. Sebagai gambaran, Jika dari segi bahasa daerah saja Indonesia memilki lebih dari 1200 bahasa, maka bisa dibayangkan akan budaya yang ada dari setiap daerah di Indonesia. Salah satu kebudayaan yang sering ditampilkan oleh masyarakat-masyarakat Indonesia adalah tarian. Tarian sendiri memiliki makna yang berbeda-beda, ada tarian untuk perayaan panen, ada tarian untuk menyambut kedatangan dan masih banyak lagi.

Jika kita mendengar nama Aceh, pastilah kita tau tarian khas dari Aceh yakni tarian Saman. Tarian yang memperlihatkan kekompakan dan keindahan dimulai dengan tempo lambat hingga cepat yang mana membuat siapapun yang melihat akan berdecak kagum. Bagaimana tidak, tarian ini memiliki kompleksitas yang tinggi serta sarat dengan makna dibalik lagu yang dikumandangkan.

Tanggal 13 Agustus 2017 lalu, ribuan laki-laki berduyun-duyun datang ke Stadion Seribu Bukit, Kecamatan Blang Kejren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, mereka datang bukan untuk menonton pertandingan sepakbola, melainkan untuk bersama-sama menarikan tarian Saman Gayo. Dikutip dari BBC Indonesia, Tarian Saman Gayo memang hanya ditarikan oleh para laki-laki dan biasanya seluruh penari juga berambut panjang. Dalam gelaran ini, tak tanggung-tanggung, sebanyak 12.262 orang ikut andil dalam menyukseskan tarian ini dan berasal dari empat kabupaten di Nangroe Aceh Darussalam yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Aceh timur.

A post shared by BBC Indonesia (@bbcindonesia) on

Hal ini juga ternyata memecahkan rekor MURI untuk ‘rekor tarian kolosal dengan penari terbanyak di dunia’ yang mana sebelumnya hal serupa juga pernah dilakukan pada tahun 2014 dan berjumlah 5.057 penari.

Diketahui bahwa sebelumnya pagelaran ini hanya menargetkan sebanyak 10.001 penari saja namun karena animo pemecahan rekor sekaligus kado dari Aceh untuk Indonesia ini begitu luar biasa, saat penghitungan penari ternyata jumlahnya melebihi dari target. Untuk menarikan tarian ini dibutuhkan kekompakan dan ketangkasan, pasalnya tiap tarian saman dengan kombinasi gerak dari badan, kepala dan tangan akan dimulai dari tempo yang lambat lalu kemudian menjadi cepat sehingga terlihat sangat kompleks. Jika kita memperhatian setiap lagu yang dikumandangkan terdapat makna tersirat.

Para Penari Saman Gayo (sumber :BBC Indonesia
info gambar

Kebanyakan orang akan terpana akan tarian Saman karena kompleksitas nya, belum lagi ketika tempo cepat dan enerjik. Tarian yang satu ini memang sangat memukau dan seringkali mengukir prestasi di mancanegara, seperti pada 2013 yang mana arian Saman Indonesia memboyong penghargaan ‘Best Performance Award’ di ajang Cultural Showcase di University of Leeds.

Sumber : BBC Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini