Daftar Perusahaan Perbankan Indonesia yang Miliki Jaringan di Luar Negeri

Daftar Perusahaan Perbankan Indonesia yang Miliki Jaringan di Luar Negeri
info gambar utama

Pasca krisis moneter 1998, dunia perbankan Indonesia terus berkembang pesat. Setelah mampu memenuhi kebutuhan transaksi keuangan di dalam negeri, berbagai perusahaan bank di Indonesia melebarkan sayap di berbagai negara di dunia.

Dalam portalnya Otoritas Jasa Keungan (OJK) merilis, setidaknya ada tujuh bank nasional yang membuka cabang di luar negeri. OJK merupakan penyelenggara pengaturan dan pengawasan kegiatan sektor jasa keuangan di Indonesia. Memutuskan apakah sebuah bank mampu menyelenggarakan jasa keuangan di luar negeri merupakan salah satu fungsi OJK.

Singapura, Hongkong dan Malaysia masih menjadi tiga negara dengan jumlah cabang bank Indonesia terbanyak. Hal ini salah satunya dikarenakan besarnya kebutuhan akan kehadiran jasa keuangan Indonesia di sana, akibat tingginya angka imigran asal Indonesia. Sedangkan negara lain adalah Timor Leste, Jepang, India, Cayman Islands, Mauritus, Cina, Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Jaringan jasa keuangan Indonesia di luar negeri terdiri atas kantor cabang, kantor kas, kantor fungsional, anjungan tunai mandiri (ATM), hingga kantor perwakilan. Sedangkan jenisnya berupa bank umum dan bank syariah yang merupakan milik negara maupun swasta. Berikut daftarnya.

1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk

  • Kantor Cabang: BRI Singapore Bank (Singapura), BRI New York Agency (AS) dan BRI Cayman Islands Branch (Cayman Islands).

2. PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

  • Kantor Cabang: Bank Mandiri Dili (Timor Leste), Bank Mandiri Cayman Islands (Cayman Islands), Bank Mandiri Singapore (Singapura), Bank Mandiri Hongkong (Hongkong) dan Bank Mandiri Shanghai (Cina).
  • ATM: 10 lokasi ATM di Dili (Timor Leste).

3. PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk

  • Kantor cabang: BNI New York (AS), BNI London (Inggris), BNI Tokyo (Jepang), BNI Hongkong (Hongkong) dan BNI Singapore (Singapura).
  • Kantor fungsional: BNI Osaka (Jepang).
  • ATM: dua lokasi di Hongkong dan lokasi di Singapura.

4. Bank Central Asia, Tbk

  • Kantor perwakilan: BCA Reprecentative Office Hongkong (Hongkong) dan BCA Representative Office Singapore (Singapura).

5. PT Bank Maybank Indonesia, Tbk

  • Kantor cabang: Maybank Indonesia Mumbai (India) dan Maybank Indonesia Mauritius (Mauritius).

6. PT Bank PAN Indonesia, Tbk

  • Kantor cabang: Bank PAN Cayman Islands (Cayman Islands) dan Bank PAN Singapore (Singapura).

7. PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk (Syariah)

  • Kantor cabang: Bank Muamalat Syariah Kuala Lumpur (Malaysia).
  • ATM: satu lokasi di Kuala Lumpur (Malaysia).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini