Pameran Lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI”

Pameran Lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI”

Pameran Lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI” diselenggarakan dalam rangka menyambt HUT Kemerdekaan RI © suaramuhammadiyah.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Pameran lukisan "72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI" digelar dengan mewah di kawasan Epiwalk Epicentrum, Kuningan – Jakarta mulai tanggal 11 hingga hingga 17 Agustus 2017. Pameran lukisan ini diselenggarakan dalam rangka menyambt HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) berkerja sama dengan Rajata Kreatif Nusantara.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dadang Kahmad, rencananya akan dibangun museum untuk menyimpan lukisan-lukisan dalam pameran ini.

“Muhammadiyah sedang melaksanakan pembangunan museum, sehingga lukisan tokoh-tokoh ini akan dapat mengisinya. Kita rawat dan teladani perjuangan tokoh-tokoh kita, agar sejarah kejayaan bangsa Indonesia tidak terputus pada generasi muda kita,” ungkap Prof Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah.

72 Tahun Indonesia Merdeka, Uhamka Gelar Pameran Lukisan | suaramuhammadiyah.id
72 Tahun Indonesia Merdeka, Uhamka Gelar Pameran Lukisan | suaramuhammadiyah.id

Prof. Dr. H. Suyatno selaku Rektor Uhamka mengatakan bahwa Pameran Lukisan "72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI"ini merupakan salah satu cara dalam mensyukuri kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Kita kenang dan hargai tokoh-tokoh kita. Pahami dan teladani semangat perjuangan mereka, sehingga pemikiran dan darah yang dikorbankan untuk menggapai dan mengisi kemerdekaan tidak terserak sia-sia," kata Prof. Dr. H. Suyatno selaku Rektor Uhamka.

Lukisan yang dipamerkan dalam kegiatan itu seluruhnya merupakan karya Sohieb Toyaroja. Setiap lukisan dalam pameran ini dilengkapi dengan kisah istimewa tokohnya yang ditulis oleh Roso Daras. Kemudian, Roso Daras mengemasnya menjadi buku setebal 953 halaman yang diberi judul "Perjuangan Menjadi Indonesia Bukan Darah Sia-sia". Dengan adanya buku tersebut, lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI” terasa semakin hidup dan siap untuk hadir berbagi pengalaman tentang Indonesia kepada masyarakat yang membacanya.

Dari sekian banyak lukisan, terdapat salah satu yang paling menyita perhatian pengunjung yaitu lukisan berjudul “Obrolan 7 Presiden”. Lukisan tersebut menceritakan di mana Presiden RI dari yang pertama hingga ketujuh terlibat obrolan dalam suasana santai. Lukisan yang disebut sebagai masterpiece pameran ini berukuran 260 cm X 460 cm.

Lukisan Masterpiece | http://www.coveragemagz.com/wp-content/uploads/2017/08/IMG-20170812-WA0011.jpg
Lukisan Masterpiece | http://www.coveragemagz.com/wp-content/uploads/2017/08/IMG-20170812-WA0011.jpg

“Ini luar biasa. Bagus sekali. Pelukis dan penulisnya telah bekerja dengan baik, dan Uhamka telah memelopori penggaungan rasa cinta serta bangga kepada para tokoh dan pahlawan dengan cara yang elegan. Tenang namun menggelorakan,” ungkap Bambang Sulistomo, putera Bung Tomo yang hadir pameran itu.

Lily Wahid, adik kandung dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pun mengaku bangga dengan cara yang dilakukan oleh Uhamka. Beliau mengatakan bahwa sejarah kebangsaan kita tidak boleh terputu dan Uhamka telah menunjukkan komitmen dan tekad menjaga keberlanjutan perjalanan berbangsa dan bernegara.

Merwan Yusuf, pengamat seni rupa dan kurator alumnus Ecole Nationale Superieur des Beaux Arts Paris, menyebut bahwa Pameran Lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI” ini adalah sebuah langkah besar yang membanggakan sejarah seni rupa di Indonesia.

“Hanya ada dua pelukis yang seperti ini, yaitu Affandi dan Sohieb. Namun baru kali ini saya menyaksikannya gagasan dan penyajian pameran lukisan yang seperti ini. Luar biasa,” kata Merwan Yusuf.

Pameran Lukisan “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI” sendiri menyita area seluas 1.800 meter persegi. Ali Akbar selaku Ketua Panitia dari pameran ini sangat berharap pada tahun berikutnya Sohieb Toyaroja dan Roso Daras dapat bekerja sama lagi dalam karya lukis dan tulis dengan menampilkan 73 Tokoh Indonesia di luar negeri dan 72 tokoh yang telah ditampilkan saat ini.


Sumber: Liputan6.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih33%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Pinisi "Sulsel" Berhasil Mencuri Perhatian UNESCO Sebelummnya

Pinisi "Sulsel" Berhasil Mencuri Perhatian UNESCO

Fenomena Alam Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan di Langit Indonesia Selanjutnya

Fenomena Alam Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan di Langit Indonesia

Andari Widanto Fitria Aisyah
@pipit09

Andari Widanto Fitria Aisyah

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.