Aku Akan Tetap Jaga Indonesiaku Hijau

Aku Akan Tetap Jaga Indonesiaku Hijau
info gambar utama

Aku anak Indonesia.lahir di Indonesia,dibesarkan di Indonesia. Saat ini usiaku 11 tahun tapi aku memiliki impian yang kuat untuk Indonesia. Mimpiku untuk Indonesia adalah menjadikan negeri yang kucinta ini selalu hijau. Hijau yang Kumaksudkan adalah suatu negeri yang memiliki lingkungan hidup yang sehat bagi makhluk hidup yang menempatinya baik di darat, laut dan udara. Hijaunya Indonesia ini dapat juga memberikan manfaat yang besar terhadap kelangsungan kehidupan dunia yang kita tempati bersama, maka secara tidak langsung kita juga ikut berperan dalam menjaga lingkungan hidup dunia.

Mengapa Indonesia harus dijadikan hijau sebagai pilihan utama, tidak Jepang, Australia atau negara lain? Karena Indonesia terletak di daerah garis khatulistiwa yang beriklim tropis dan alamnya terdiri dari bentangan hutan dan lautan yang bisa menjadi penjaga kelangsungan hidup di bumi apabila dirawat dengan baik dan benar.

Sebetulnya cara agar Indonesia hijau tidaklah terlalu sulit, menurut buku yang pernah Aku baca berjudul “ Seri Lingkungan Hidup” yang diterbitkan oleh Pakar Raya Bandung dan buku mata pelajaran “ IPA dan IPS Terpadu” untuk SD/MI kelas VI yang disusun oleh Tim Bina Karya Guru terbitan Erlangga adalah dengan melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Pelestarian Hutan.

Kegiatan pelestarian hutan dilaksanakan untuk mengurangi karbon dioksida dan menambah oksigen untuk manusia serta untuk menyimpan sumber mata air, disamping itu hutan juga tempat tinggal hewan - hewan yang dapat membantu melestarikan hutan.

Apabila kita tidak melestarikan hutan dan banyak pohon yang ditebang akan berakibat menipisnya lapisan ozon, jika lapisan ozon menipis maka banyak masalah yang akan timbul diantaranya adalah kanker kulit dan timbul beberapa penyakit pada makhluk hidup, musim di bumi tidak teratur lagi, serta es yang ada di kutub akan mencair.

2. Pelestarian Laut.

Kegiatan pelestarian laut dilakukan untuk menjaga agar laut tetap sehat kondisinya, maksudnya adalah kondisi laut yang bersih dan layak untuk di huni oleh hewan dan tumbuhan yang hidup di laut. Jika laut kotor maka ikan yang ada di lautpun akan keracunan dan jika ikan yang keracunan dimakan oleh manusia maka manusia pun juga akan menjadi sakit bahkan meninggal.

Oleh karena itu kegiatan pelestarian laut ini harus ditingkatkan agar keseimbangan ekosistem laut bisa terjaga secara terus menerus, sehingga akan berdampak pada hubungan antara ekosistem darat dan laut menjadi seimbang dan teratur akibatnya kelestarian bumi bisa terjaga secara terus menerus.

3. Mengatasi Pencemaran .

Mengatasi pencemaran juga perlu dilakukan agar bumi kita tidak tercemar dan ikan yang ada di sungai dan di laut bisa berenang bebas, karena tidak ada sampah di sungai maupun di laut. Apabila kita tidak mengatasi pencemaran maka di udara akan banyak polusi dan di darat serta laut juga akan banyak limbah yang berakibat sungai dan laut dapat tercemar sehingga ekosistem laut dan darat akan terganggu.

Dampak lainnya jika laut dan sungai tercemar maka ikan dan sumber daya laut di Indonesia akan rusak dan ikan yang ada di Indonesia akan pergi ke laut negara lain untuk mencari tempat hidup yang layak bagi mereka untuk hidup, sehingga Indonesia tidak kaya akan sumber daya lautnya lagi.

4. Perlunya Mendaur Ulang Sampah .

Mendaur ulang sampah sangat diperlukan karena jika bumi kita penuh dengan sampah maka kehidupan di dunia jadi tidak teratur dan agar bumi bebas dari sampah dan menjadi hijau. Akibat jika kita tidak mendaur ulang sampah maka air tanah dan udara tidak sebagus dulu, karena tanah berbau busuk dan udara menjadi tidak bersih dan air yang tercemar di sebabkan banyaknya sampah yang di buang di sungai.

Dampak jika kita tidak mendaur ulang sampah maka bisa jadi manusia juga terancam, karena gas yang dihasilkan oleh sampah adalah karbondioksida maka bisa jadi lapisan ozon menipis karena terlalu banyak sampah.

5. Mengganti Energi Fosil Dengan Energi Masa Depan.

Penggantian energi fosil ini dilaksanakan karena jumlah batu bara / minyak bumi akan habis sehingga aktivitas kehidupan manusia di dunia akan terganggu karena kehabisan energi minyak bumi dan batu bara. Disamping itu energi fosil ini juga berdampak pada lingkungan udara yang tidak sehat karena terlalu banyak polusi yang berakibat bisa membahayakan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Akibat jika batu bara dan minyak bumi habis maka bahan bakar seperti solar dan listrik juga akan berkurang, Sehingga berdampak pada mobil / kendaraan lain nya tidak bisa digunakan dan alat elektronikpun tidak bisa digunakan dengan baik sehingga manusia juga akan tergangu dalam melaksanakan kehidupan sehari-harinya .

Cara mengatasi agar manusia tetap bisa hidup tanpa batu bara / minyak bumi adalah dengan membuat energi masa depan yang baru seperti energi dari matahari yang tidak pernah habis untuk mobil dan kendaraan lain serta perabotan rumah tangga. Selain energi matahari juga ada energi masa depan yang lain yang tidak menimbulkan polusi dan tidak akan habis,contohnya:energi air, energi angin, energi ombak dan energi arus laut serta energi dari Biogas, dengan semua energi baru ini aktivitas kehidupan manusia bisa berjalan dengan lancar tanpa menggunakan energi fosil / minyak bumi yang dimanfaatkan dalam penggunaan energi listrik untuk barang-barang elektronik seperti TV, komputer, lampu dan lain-lain serta penggunaan kebutuhan energi lainnya.

6. Perlunya Menjunjung Tinggi Hak Asasi Satwa.

Apa itu hak asasi satwa? Hak asasi adalah Kebebasan yang harus diberikan kepada hewan sesuai tempat hidupnya dengan cara yang baik dan benar.

Kegiatan ini dilakukan agar bumi bisa lestari karena hewan juga ikut campur tangan dalam menjaga kelestarian di bumi ini.

Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Ekosistem Hewan

Jika hewan yang Aku lingakari (kucing hutan) ini punah maka rantai makanan yang ada di bumi ini akan terputus sehingga berdampak pada kelestarian bumi ini akan terganggu.

Ekosistem Laut

Jika hewan yang Aku lingkari (Karnivora) ini punah maka kelestarian ikan dan makhluk hidup laut lain juga akan terganggu dan kehidupan manusia juga akan terganggu serta kelestarian bumi tidak dapat terjaga.

Dengan demikian kerusakan yang telah tampak di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia yang terjadi di Indonesia akan menggangu kelestarian bumi kita ini di masa depan, oleh karena itu marilah kita jaga Indonesia agar tetap hijau dengan melakukan beberapa kegiatan yang telah dijelaskan di atas.

“ Untukmu Indonesia, Aku akan berjuang menjaga dan melestarikanmu tetap hijau hingga akhir hidupku !! “ Aamiin…..

Nama : Elviana Lathifah Khoirunnisa/Ifa.

NIS : 21213050. Kelas:6C.

Sekolah :SDIT INSAN KAMIL

Alamat Sekolah : Pecantingan,RT 12/RW 4,Sekardangan,Sidoarjo 61215.

Telepon Sekolah : 031-8056949,031-8076237,Fax.031-8956418

Alamat Rumah : Perum TNI-AL Blok E2 No 8 Sugihwaras,Candi,Sidoarjo.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

GI
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini