Kembangkan Kekayaan Laut, Pelabuhan Perikanan Ternate dan Gerakan Pemuda Penggerak Desa Ajarkan Membuat Olahan Makanan dari Ikan

Kembangkan Kekayaan Laut, Pelabuhan Perikanan Ternate dan Gerakan Pemuda Penggerak Desa Ajarkan Membuat Olahan Makanan dari Ikan
info gambar utama

Indonesia sangat kaya dengan beraneka ragam hasil laut, salah satunya adalah ikan. Namun pada faktanya masih sedikit yang memanfaatkan ikan sebagai bahan dasar olahan makanan sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih.

Hal itulah yang membawa Gerakan Pemuda Penggerak Desa dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate di bawah Kementerian Perikanan dan Kelautan mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar ikan pada Selasa (15/8) Sore di Desa Foya, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tokoh Adat, Kepala Desa Foya, Camat Gane Timur, Danramil Maffa, serta Pimpinan dan Staff Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, Endang Sunaryo dalam Sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini memang rutin dilaksanakan sebagai bagian dari pengabdian Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat di pedesaan.

“Kegiatan ini sebagai pengabdian kita kepada masyarakat, untuk pengolahan makanan bahan baku dari ikan agar masyarakat gemar makan ikan dan bisa membuat berbagai olahan makanannya”, ungkap Endang.

(Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, Endang Sunaryo Menyampaikan Sambutan/GNFI)
info gambar

Kedepan, Endang juga berharap pemuda terus bisa berkolaborasi bersama untuk menggali potensi-potensi kekayaan laut di daerah.

“Saya pikir bukan cuma produk olahan arahnya mungkin ke penangkapan, karena banyak potensinya disini, yang punya nilai yang cukup signifikkan harganya namun belum dimanfaatkan. Misalnya lobster, yang belum dioptimalkan masyarakat kita.” jelas Endang lebih lanjut.

Sementara itu, Warda salah satu peserta pelatihan mengungkapkan sangat senang dan antusias dan berharap kedepan kegiatan pelatihan ini dapat terus berlanjut.

“Kita senang sekali toh, apalagi orang Provinsi datang ke sini. Kita berharap acara seperti ini bisa lagi ada di Desa ini, biar kita semakin pintar dan nanti bisa buat dijual toh”, ungkap Warda yang juga anggota PKK Desa Foya.

Pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar ikan ini merupkan salah satu rangkaian dari kegiatan Festival Dermaga Halmahera Selatan, yang dinisiasi oleh Gerakan Pemuda Penggerak Desa angkatan-III. (*GNFI/AP)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini