Memaknai kemerdekaan Indonesia, Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam terkaya kedua di dunia setelah Brazil. Kekayaan alam yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Salah satu kekayaan alam Indonesia adalah hutannya. Hutan hujan tropis Indonesia adalah paru-paru dunia. Kekayaan flora maupun fauna didalamnya sangatlah banyak.

Kekayaan sumberdaya alam Indonesia begitu melimpah, tetapi mengapa hasil dari kekayaan alam Indonesia hanya sedikit? Dengan kekayaan Alam Indonesia yang begitu melimpah, sangat disayangkan jika orang Indonesia belum siap dan belum mampu mengolahnya. Sedangkan, Jepang yang kekayaan alam atau sumber daya alamnya sedikit, mereka dapat menjadi negara yang maju. Mengapa negara Indonesia bisa terkalahkan oleh Jepang? Itu karena keterbatasan orang Indonesia untuk mengelola sumberdaya alam tersebut. Karena keterbatasan inilah sehingga membuat orang Indonesia takut untuk memulai dan mencoba. Indonesia masih takut dengan kata “kegagalan”. Indonesia takut dengan kegagalan yang akan menyebabkan kerugian. Karena itu Indonesia tidak berani memulai pengolahannya.

Kita ketahui, bahwa Indonesia bukan negara kecil yang hanya memiliki sedikit sumber daya alam, tetapi mengapa tidak banyak hasil dari sumber daya alamnya? Itu karena Indonesia masih belum memiliki tekad yang kuat dan keyakinan bahwa Indonesia pasti bisa. Mari kita lihat kearah timur Indonesia, disana ada Pulau Papua yang didalamnya terdapat pertambangan emas. Akan tetapi, apakah Indonesia yang menguasai pertambangan emas disana? Bukan. Bukan Indonesia yang menguasai pertambangan emas di Papua, tetapi negara yang menguasai tambang emas di Papua adalah Amerika.

Tambang emas yang ada di Papua tidak dikuasai Indonesia, melainkan dikuasai Amerika. Mengapa hal ini bisa terjadi? Itu karena manusia Indonesia kurang cepat dalam melangkah. PT Freeport yang merupakan tambang emas yang ada di Papua dikuasai oleh Negara Amerika. Tambang emas itu memang berada di Indonesia, tetapi tidak sampai 50% dari hasil tambang emas itu dimiliki Indonesia. Dimana sisa dari hasil tambang emas itu? Sisa dari hasil tambang itu diambil alih oleh Negara Amerika.

Mari kita pikirkan bersama, mengapa ini semua bisa terjadi? Ini semua bisa terjadi karena masih banyak orang Indonesia yang belum mengerti apa makna dari perjuangan mendapatkan kemerdekaan. Masih banyak orang Indonesia yang belum memaknai kemerdekaan Indonesia. Masih banyak orang Indonesia yang tidak menghargai perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Para pahlawan khawatir akan keadaan bangsa ini dimasa depan. Tetapi, tidak mengkhawatirkan keselamatan diri mereka sendiri. Memang Indonesia sudah bebas dari penjajahan negara lain secara fisik. Tetapi, menurut pemikiran dari diri saya sendiri, Indonesia belum merdeka seutuhnya.

Indonesia tidak merdeka seutuhnya, karena Indonesia saat ini masih dijajah secara terselubung, baik dijjah secara pemikiran ataupun perlakuan. Ini terjadi karena manusia Indonesia masih banyak yang berpikir bahwa setiap yang dikatakan negara lain yang lebih sukses, semua dianggap benar. Itulah yang menjadikan Indonesia mendapatkan perlakuan seperti ini. Budaya untuk selalu menerima tampaknya sudah mendarah daging bagi rakyat Indonesia, sehingga kurangnya filtrasi terhadap budaya maupun masukan dari negara asing.

Karena itu, saya sebagai penerus generasi muda Indonesia ingin mengajak seluruh masyarakat terutama para pemuda dan pemudi Indonesia untuk maju bersama guna mengubah Indonesia menjadi negara maju dengan mengedepankan dan menyiapkan sumberdaya yang tangguh dan berkualitas. Bersama kita bertekad untuk selalu belajar menuntut ilmu dan berjuang melawan penjajah yang menyelinap meracuni pemikiran orang Indonesia. Berjuang yang bukan hanya untuk masa depan kita, bukan hanya untuk membanggakan keluarga dan diri pribadi. Akan tetapi, juga untuk perubahan masa depan Indonesia yang lebih baik. Itulah salah satu cara kita untuk memaknai arti dibalik kemerdekaan Indonesia. Langkahkan kakimu, buatlah dunia bangga padamu. Gerakkan tubuhmu, buatlah pandangan dunia tertuju padamu. Mulailah aktivitasmu, maka dunia akan berubah karena dirimu.

Nama : Naila Rahma Maulida
Alamat : Jalan Haji Dimun, Komplek PHI, Rt/Rw 04/06, KelurahanSukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok
Nama Sekolah : SMP Cendekia Baznas
Kelas : 7 SMP

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu