Anak Sekolah

Anak Sekolah
info gambar utama

Helo nama saya sutan saya sekolah di SMP Biantara Nasional, sekarang saya sudah kelas IX, Kelas IXB pastinya. Hari ini adalah hari senin. Hari dimana-mana siswa-siswa diseluruh penjuru negeri ini melakukan upacara bendera.

Beberapa menit sebelum upacara, teman-temanku banyak yang kabur dari sekolah. Ah.. apa daya aku harus taat kepada aturan di sekolah, jika aku ikut-ikutan seperti mereka, bisa turun moralku sebagai siswa yang nantinya sebagai penerus bangasa ini. Apalagi jika ketahuan oleh guruku. Orang tuaku bisa-bisa dipanggil oleh sekolah dan aku bisa mencoreng nama baik mereka. Terdengar suara petugas upacara, itu pertanda bahwa upacara segera dimulai. “upacara pengibar bgendera akana segara dimulai, arrghhh... upacar-upara kesel deh, kenapa harus ada upacarasih, apalagi sekaranmg giliran kelasku jadi petugas upacara” gumamku dalam hati yang merasa cape dengan upacara setiap hari senin.

Upacara pun berjalan sebagaia mana mestinya. Didalam upacara tgadi kepala sekolah memeberikan pidato dan nasihatnya kepada kami sebagai siswa dan penerus bangsa ini. Seperti inilah pidato yang dikatakan kepala sekolah “ assalamualaikum wr. Wb, murid-murid yang saya sayangi, kalian tampaknya sudah mulai terasa lelah dalam upacara ini, kalian sudah bagus menjad petugas upacara tetapi masih ada kekurangan dan bla-bla”. Ada salah satu dari temanku yang menggerutu kekesalan, “ ahhh sudah bosan mendengarkan pesan kepala sekolah” dan upacara pun telah berakhir. Siswa pun mulai bubar satu persatu dan mulai masuk ke kelas.

Hari senin, hari yang sibuk dimulai dari upacara samapi jam 8, dilanjut dengan belajar dan pelajarannya yaitu MTK. “apaaa pelajar pertama MTK?” ucap reno salah satu temanku yang sering kabur. Lalu temanku menajawab” iya ren MATEMATIKA” dengan ucapan dipotong-potong supaya lebih menakutkan. Reno pun memacungkan mulutnya karena kesal..” ahhh kalo gini mending mabal aja ke toilet, ngerokok di toilet” ucap reno dalam hati.

tiba-tiba semua murid dikelas duduk dengan rapi. Hal itu dikarenakan guru matematika sudah datang dikelas. “Murid-murid sekarang pelajaran segitiga sebangun, silahkan keluarkan buku paket hlm 12” seru bu guru. Siswa pun satu demi satu mengeluarkan buku tugasnya dan melaksanakan tugas yang diberika kepada mereka. Kecuali reno yng dari tadi tidak mendengarkan ucapan guru, dia malah asyik tidur dikelas.

Bangun lah reno dari tidurnya yang pulas. “ Bu saya izin ke toilet ya bu?” ucap reno. “iya, 5 menit aja ya soalnya bentar lagi pelajaran akan berakhir.” Kata bu guru. lalu reno pun bersemmangat untuk beranjak dari tempat tidurnya. Reno pergi ke toilet untuk merokok karena bosan dengan pelajaran matematika. Beberpa menit kemudin. “ reno kemana ya, sudah 10 menit dia di WC “ kata bu guru. akhirnya pun guru tersebut memanggil apin untuk melihhat reno dan menyuruh dia cept kemabli ke kelas.

Sesampainya di toilet, apin memergoki reno sedang asik merokok. “hei kamu lagi nagapin dicariin guru killer tuh” ucap apin. “ah kamu pin ngagetin aja kirain guru, disini aja pin ngerokok bareng aku, enak tau, rokok itu pertnda orang yang jantan pin” ucap reno sambil meniup asap rokok kearah apin. Di toilet apin berpikir keras dan akhirnya dia kalah dengan pikiran logisnya. Akhirny dia mulai mencoba rokok hisap demi hisap ia lakukan.

Reno dan Apin tidak sadar kalo mereka sudah lebih 15 menit di toilet. Mereka hanya sadar kalo merokok itu nikmat dn tidk mengerti apa dampak jangka panjang yang akan mereka rasakan. Di kelas bu Fitri (Guru Matematika) sudah menunggu kedatangan mereka.” Duhh, mana anak 2 ini dari tadi di toilet kagak ada batang hidungnya, sepertinya harus di susulin, kalo ketahuan macam-macam saya akan hokum mereka!!!” ucap bu fitri dengan nada tingginjya

Beberapa menit berlalu, akhirnya pelajaran Matematika pun berakhir. Namun reno dan apin belum juga kembali ke kelas. Lalu ibu fitri pun langung menuju ke toilet dimana mereka berdua menghisap rokok. Bu fitri mencari renbo dan apin. Hanya satu wc yang tertutup rapat, bu guru langsung mengetuk pintu wc tersebut. Dan dibukalah pintu wc tersebut. Bu fitri mencium bau yang aneh diwc tersebut. “ reno, apin kalian ngapain disini? Ikut ibu ke ruang bk” ucap bu fitri. “ iiya bu” ucap reno dan apin.

Di ruang BK mereka di beri pertanyaan dan bimbingan oleh guru bk dan bu fitri.

“ reno, apin kalian ngapain di wc berdua?” ucap ibu bk.

“iiaah bu saya di WC berdua karena….” Ucap reno yang gemeteran karena takut ketahuan merokok.

“loh kok tidak dilanjutin, karena apa? Jawab yang jujur na” ujar bu bk yang cantik.

“ iiyaah bu saya tadi hbis ngerokok bareng apin di wc” ucap reno yang mulai menundukkan kepala krena takut diomeli oleh guru dan takut kena SP.

“ Hmmm” bu bk merenung, kata apa yang baik diucapak agar mereka sadar bahw merokok itu bahaya. “ kalian masih SMP, sudah berani menghisap rokok, apa kabar nanti kalo kalian sudah Gede, merokok itu tiak baik na untuk kesehatan kamu dan orang disekitar kamu?” ujar guru BK.

“Iyaahh bu maafin kita” ujar apin yang dari tadi menunndukkan kepala

“ ibu maafin, namun karena ini merupakan pelanggaran dan harus ada sanksi buat kalian agar kalian jera, ibu kurangi poin kalian, sekarang kalian hanya mempunyai 100 poin, jika kalian mengulanginya lagi, saya tidak bisa menjamin kalian maih disekolah ini apa tidaknya” ujar guru bk.

Reno dan apin pun meninggalkan ruang bk tersebut dan menuju ke kelas. Pelajaran kedu pun dimulai. Pelajaran ke dua adalah pelajaran IPS. Pelajaran ips merupakan pelajaran yang disukai leh kelas IX B.

“coba buka halaman 35 dibuku kalian, sekarang kita akan mempelajari penyimpangan social” ujar bu nur guru IPS yang selalu ceria.

“ibu mau Tanya kepada kalian, apa saja penyimpangan sosial yang ada di Indonesia?” bu nur pun bertanya

Aku pun menjawab dan mengacungkan tangan “ ada banyak bhu penyimpangan sosial yang terdapat di Indonesia seperti merokok, narkoba, HIV aids, seks bebas dan lain sebagainya yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang disekitarnya”

“hebat kamu sutan, betul itu merupakan penyimpangan yang hasrus di basmi oleh semua pihak termasuk kamu, ibu tambahkan nilai kamu ya” ujar bu nur dengan semangatnya menulis nilai untuk sutan. Bu nur melanjutkan pelajrannya” saya sedih dengan bangs ini, banyak anak dan benih-benih penerus bangsa yang melakukan hal-hal yang tidak baik dan tidak septutnya dilakukan” ujar bu nur yang melanjutkan pelajarnnya sampai selesai. Bel pulang pun berdering, pertanda semua siswa pulang sekolah.

Hari demi hari aku dan teman-temanku melakukan aktifit setiap hari di sekolah yaitu belajar. Namuin ada yang aneh reno sudah 2 minggu tidak ke sekolah. Tiba-tiba ada salah stu murid mengabarkan kalau reno sakit dan dia kena kanker paru-paru.

“teman-teman reno kena kanker paru-paru, sekarang dia kritis” ujar ujang km dikelas IXB

“kata siapa loe” ujar apin sahabat dekat reno

“tadi gue dengar di ruang guru, bahwa reno kena kanker paru-paru dan sekarang sedang kritis” ucap ujang

“kit harus nengok reno, dia merupakan teman kita, biarpun dia nakal dan merokok dia tetap teman kita” ucapku

Kelas IX B berangkat ke rumah sakit harapan indah untuk menjenguk reno, namun reno tidak bisa tidak dilihat. Hal itu dikarenakan reno sedang ditangani oleh dokter. Setelah 15 menit kemudian doketr didalam ruangan keluar dn memberitahukan bahwa nyawa reno tidak bisa ditolong lagi. Suasana dirumah sakitpun semakin histeris karena kami semua menangis dengan kepergian teman kami.

“Disini kita bisa ambil pelajaran dari reno, bahwa setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya, seperti halnya reno yang merokok dia kena kangker paru-paru dan meninggal. Saya harap tidak aka nada reno-reno lainnya lagi. Dan kita merupakan anak bangsa bisa memajukan bangsa Indonesia ini dengan prestasi kita” ucap ketua kelas menutup pidato sahabat di tempat peristirahatan terakhir reno. Akhirnya reno pun di baringkan ditempat peristirahatan terakhirnya, dan semua orang pun pulang ke rumah masing-masing.

TAMAT

Nama : Sultan Ziyad

Asal Sekolah : SMP Biantara Nasional

Kelas : IXB

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini