Impian Anak Pulau Untuk Pendidikan Indonesia

Impian Anak Pulau Untuk Pendidikan Indonesia
info gambar utama

Indonesia adalah negeri yang sangat indah dan kaya dengan berbagai sumber daya alam, contohnya hutan dan pepohonannya yang banyak juga subur. Oleh sebab itu tak heran jika Indonesia ini menjadi paru- paru dunia dengan luas hutan terbesar ke dua dari seluruh dunia. Lautan Indonesia pun begitu luas, bahkan wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Laut di Indonesia begitu indah dan kaya akan sumber daya alamnya.

Salah satu bukti kekayaan alam Indonesia dapat saya saksikan setiap harinya di lingkungan tempat tinggal saya yaitu di Pulau Tiga Kabupaten Natuna. Lautnya yang biru kehijauan dan luas dapat memberi kami ikan- ikan yang segar setiap harinya. Dengan kata lain, kekayaan Indonesia ini betul- betul mampu menghidupi kami. Pun gunung yang ada di pulau tempat tinggal kami begitu indah dan subur, tanahnya mampu menghasilkan banyak tanaman yang dapat kami olah langsung menjadi makanan, misalnya kelapa, pisang, singkong dan masih banyak lainnya.

Begitu banyak keunggulan Indonesia, sayangnya Indonesia masih kurang kuat di sumber daya manusianya. Sebab itu, Indonesia kurang memiliki perhatian ataupun ide yang tepat untuk mengelola kekayaan alamnya yang melimpah ini.

Melihat kekayaan alam Indonesia ini, saya punya impian besar untuk Indonesia di masa depan, yaitu melihat Indonesia yang dibangun oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Sebenarnya Indonesia punya banyak potensi dengan sumber daya alam maupun manusianya, hanya selama ini kurang dimanfaatkan dengan baik. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang baik saya menekankan pentingnya pendidikan. Saya berharap sebagai salah satu generasi penerus bangsa yang hidup dengan segala keterbatasan yang ada.

Saya sehari- hari tinggal di sebuah pulau kecil di salah satu gugusan kepulauan terdepan dan terluar di Indonesia, Kabupaten Natuna. Memang baik adanya ketika pemerintah telah membuat program Wajib Belajar 9 tahun. Namun sayangnya pendidikan selama ini hanya sebagai kewajiban semata, kurang dihayati oleh setiap pelaku pendidikan.

Saya mengharapkan pendidikan yang layak serta merata di seluruh pelosok Indonesia. Kelak tidak masalah jika ada anak daerah yang ingin maju dan bersaing di tingkat nasional maupun bersaing dengan negara lain, semua punya kesempatan yang sama karena pendidikan telah merata hingga ke pedalaman Indonesia. Jika selama ini yang saya rasakan masih kurang maksimal, apalagi dengan keadaan pendidikan di daerah yang serba terbatas, terbatas listrik, sinyal telepon, juga sulitnya transportasi seperti yang dialami saya dan ‘anak- anak pulau’ lainnya. Kami menyebut diri kami ‘anak pulau’ atau ‘orang pulau’, yang merupakan sebutan bagi orang Natuna yang tinggal di pulau- pulau kecil, termasuk gugusan 3 pulau kecil di Natuna ini. Di Indonesia masa depan nanti, sebagai anak pulau saya ingin melihat setiap generasi muda mendapat pendidikan yang layak juga merata hingga ke pelosok negeri.

Bayangkan jika 20 tahun ke depan, setiap anak- anak kecil yang tumbuh menjadi pemuda mendapat pendidikan yang baik, maka akan muncul kesuksesan yang besar. Saya percaya bahwa pendidikan adalah jawaban dari permasalahan Indonesia selama ini, dan hal tersebut tidaklah mustahil untuk dikerjakan. Anak- anak yang sukses itu kelak mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas maka hasilnya adalah mereka dapat mengelola serta menjaga kekayaan alam Indonesia yang besar ini dengan baik juga bijaksana.

Nama : Ilma Julita Sari

Alamat : Desa Setumuk, Kecamatan Pulau Tiga Barat, Kabupaten NatunProvinsi Kepulauan Riau

Kelas : VI (enam)

Nama Sekolah: SDN 007 Setumuk

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini