LIPI Buka Pintu Selebar-lebarnya, Ada Apa?

LIPI Buka Pintu Selebar-lebarnya, Ada Apa?
info gambar utama

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan LIPI, tak lama lagi akan membuka penerimaan peneliti baru melalui jalur khusus. Jalur khusus tersebut yaitu jalur prestasi dimana pendaftar harus telah berpendidikan S3 dan pernah atau sedang berkarya di berbagai belahan dunia. Menurut Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto, pengiriman mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di luar negeri lewat beasiswa LPDP harus diimbangi dengan peningkatan minat mahasiswa yang dikirim untuk menjadi peneliti.

Sat ini, jumlah peneliti yang berstatus PNS masih berjumlah empat persen dari keseluruhan jumlah SDM IPTEK Indonesia yang didominasi oleh dosen dari berbagai perguruan tinggi. Sebelumnya, sebanyak 556 peneliti madya terpaksa harus keluar dari LIPI dikarenakan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, dimana usia pension PNS yang sebelumnya 65 tahun menjadi 60 tahun.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sumber: Tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini