Rendahnya Tingkat Apresiasi Kecerdasan pada Anak Indonesia

Rendahnya Tingkat Apresiasi Kecerdasan pada Anak Indonesia
info gambar utama

Pendidikan, bagiku kata itu sangat penting bagi kelangsungan negeri ini. Usia tua maupun muda pasti membutuhkan pendidikan untuk dirinya. Di negeri ini pendidikan dikatakan segalanya. Sulit mencari pekerjaan di negeri ini jika tak memiliki pendidikan tinggi. Tapi, jika di negeri ini saja masih banyak yang sulit mendapatkan Pendidikan, bagaimana caranya orang yang menginginkan mendapatkan pendidikan dalam hidupnya. Bagaimana orang yang tak berpendidikan tinggi ingin bekerja. Bagaimana penerus bangsa ini akan mendapatkan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan untuk membina negeri yang selanjutnya adalah kewajiban mereka. Di negeri ini masih banyak orang yang kurang mendapatkan pendidikan.

Pendidikan tak hanya ilmu akademik seperti Matematika, IPA, Bahasa dan lainnya, namun juga pendidikan dalam hidup yang seringkali tak kita hiraukan. Tapi juga banyak anak- anak jalanan yang tak sanggup untuk bersekolah, namun mungkin saja yang dapat membawa negeri ini maju adalah anak-anak jalanan yang sering kali kita hiraukan. Banyak anak-anak jalanan yang menginginkan bersekolah seperti teman-teman sebayanya. Di dunia ini banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kehidupan kita dan orang lain.

Banyak anak-anak Indonesia yang pesimis dalam mencari sekolah. Mereka kurang percaya pada diri mereka bahwa mereka mampu melakukan suatu hal yang menakjubkan. Mereka juga kurang optimis dalam mendaftarkan diri ke sekolah jenjang selanjutnya yag akan mereka tempuh. Mereka menghawatirkan hal yang seharusnya tak menjadi masalah, mereka takut jika mereka tak diterima bersekolah di sekolah tempat mereka mendaftar disebabkan hitungan nilai yang tak mencukupi kriteria sekolah. Bagiku seharusnya suatu sekolah tak memandang anak didiknya hanya dari nilai akademiknya saja, tapi di sisi lain pasti mereka memiliki potensi masing-masing yang membanggakan. Namun sayang, tak banyak sekolah di negeri ini yang berpendapat seperti itu. Bagi sekolah, nilai akademik adalah satu-satunya syarat di terima bersekolah. Tak ada anak-anak penerus bangsa ini yang bodoh, setiap anak pasti memiliki potensinya masingmasing.

Di Indonesia tak banyak sekolah yang memandang potensi anak didiknya, bagiku itulah salah satu penyebab banyak anak Indonesia yang kurang dalam pendidikannya. Tak hanya masalah ekonomi yang membatasi mereka dalam menuntut ilmu, namun juga masalah dalam pembatasan nilai dari banyak sekolah di negeri ini. Masih banyak anak jalanan yang masih sangat membutuhkan pendidikian. Masih banyak anak-anak yang kedua orang tuanya tak mampu menyekolahkan disebabkan keadaan ekonomi yang membatasi mimpi pemuda Indonesia. Mungkin banyak anak-anak yang memiliki mimpi yang tinggi untuk negeri ini, namun mereka belum mampu meraihnya. Tanpa pendidikan yang mereka dapatkan, mungkin sampai saat ini cita-cita mereka hanyalah sebuah mimpi yang tertunda.

Negara Indonesia masih jauh tertinggal pendidikannya di bandingkan negeri lainnya. Bahkan mutu pendidikan di Indonesia mendapat urutan ke-7 di Asia Tenggara, bagaimana jika dibandingkan negara-negara di benua Eropa dan

Amerika. Dahulu banyak orang dari berbagai negara yang mencari ilmu di Indonesia, namun saat ini justru sebaliknya, banyak pemuda Indonesia yang lebih memilih belajar di negeri tetanggga maupun di lain benua.

Mimpiku untuk Indonesia masa depan yaitu, terwujudnya sekolah di Indonesia yang tak hanya melihat dari nilai akademiknya saja, namun juga dalam potensi dan kelebihan masing-masing anak. Sekolah yang mendepankan potensi, nilai dan ilmu pengetahuan. Berdirinya sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu, seperti anak yang berada di jalanan maupun anak yatim dan di daerah terpencil. Seharusnya pemerintahan Indonesia lebih serius menanggapi masalah pendidikan di negeri ini, karna masih banyak anak-anak Indonesia yang sangat membutuhkan. Lemahnya juga tingkat motivasi bagi anak-anak di negeri ini. Orang tua juga harus memberika motivasi pada anak-anaknya.

Nama

: Hanifa Khoirunnisa

Alamat

: Kampung Malangan, Rt/Rw 4/13, Kecamatan Magelang

Selatan, Magelang, Jawa Tengah

Nama Sekolah

: SMP Cendekia Baznas Boarding School

Kelas

: 7 SMP

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini