Indonesia Pengguna Instagram Terbanyak di Asia Pasifik

Indonesia Pengguna Instagram Terbanyak di Asia Pasifik
info gambar utama

Platform berbagai foto dan video singkat Instagram memiliki 45 juta pengguna aktif di Indonesia, menjadikan Indonesia komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik. Jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan awal tahun 2016 yakni sebesar 22 juta pengguna.

Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati mengatakan dalam konferensi pers di Jakarta Juli lalu, bahwa berbagi momen merupakan bagian dari budaya. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu penghasil konten Instagram Story terbanyak.

“Pengguna di Indonesia mengunggah hampir dua kali lebih banyak konten Instagram Story dari jumlah rata-rata secara global,” tutur Sri.

Seorang warga berfoto di taman mural di Jakarta, Indonesia. Foto: Reuters/Agoes Rudianto
info gambar

Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga menggunakan platform Instagram untuk semakin dekat dengan masyarakat.

Penelitian dari Burson-Marsteller pada bulan April menunjukkan bahwa Presiden Jokowi merupakan pemimpin negara dengan follower terbesar di dunia, menyusul Perdana Menteri India, Narendra Modi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Paus Fransiskus, dan Gedung Putih AS.

Namun, per Agustus 2017, follower Presiden Jokowi meningkat secara exponensial hingga mencapai 5.2 juta pengguna, menempatkannya di posisi ketiga.

Susan Rose, Product-Marketing Director Instagram, mengemukakan bahwa 80% pengguna Instagram berasal dari luar AS, dengan sebagian besar pengguna berada di Asia Pasifik.

“Indonesia adalah bagian penting dari komunitas Instagram dan kekuatan yang kita lihat di Indonesia menjadi kekuatan Instagram secara global,” ujar Susan.

Popularitas Instagram di Indonesia juga banyak dimanfaatkan para pelaku usaha kecil dan menengah untuk menjajakan produk.

“Adopsi bisnis melalui Instagram di Indonesia termasuk lima tertinggi di dunia,” pungkas Susan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini