Intip Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Baku

Intip Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Baku
info gambar utama

Baku, Azerbaijan, 17 Agustus 2017. Panas teriknya musim panas di Azerbaijan tidak memupuskan semangat warga Indonesia dan friends of Indonesia untuk berkumpul di Wisma Duta Indonesia guna merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 72. Tepat pukul 10 waktu setempat, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dengan khidmat.

Pasukan pengibar bendera merah putih tahun ini terdiri dari enam orang, diantaranya terdapat tiga laki-laki dan tiga perempuan, Uniknya tiga orang perempuan ini adalah mahasiswi lokal Azerbaijan yang sudah berlatih selama dua bulan penuh. “Para mahasiswi Azerbaijan ini secara rutin berlatih di Wisma Indonesia, karena kebetulan mereka juga sedang libur musim panas,” ujar Antonius Iman, pelajar Indonesia di Baku, yang juga merupakan salah satu tim pengibar bendera di Baku kali ini.

Setelah upacara bendera berlalu, para hadirin berkumpul memanjatkan syukur dan doa untuk Indonesia sebelum Duta Besar untuk Azerbaijan, Dr Husnan Bey Fananie MA memotong tumpeng untuk merayakan kemerdekaan RI.

Bagi masyarakat Indonesia di Baku, dimana sambal dan tempe merupakan barang langka, tumpeng lengkap merupakan pengobat rindu akan tanah air. Di hari istimewa ini, potongan pertama tumpeng di Baku dipersembahkan kepada Bapak Sulaiman, pria kelahiran tahun 1938 yang telah berada di Azerbaijan lebih dari 30 tahun.

“Tumpeng adalah simbol rasa syukur kita atas kemerdekaan RI yang dapat kita rayakan sebagai individu yang merdeka, yang memiliki kesempatan untuk bisa ikut berperan dalam menjaga keamanan dunia,” jelas Dubes RI di Azerbaijan dalam kesempatan yang sama.

Pada sore harinya, masih dalam semarak perayaan HUT RI ke-72, diadakan panggung rakyat. Ada penampilan tari-tarian daerah Indonesia dari para mahasiswa lokal yang belajar studi Indonesia di Azerbaijan University of Languages, penampilan band dari para mahasiswa Indonesia di Azerbaijan serta penampilan musik khusus yang disajikan oleh Dubes RI.


Sumber: KBRI Baku

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini