Intip Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Baku

Intip Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Baku

Upacara pengibaran bendera di Baku © KBRI Baku

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Baku, Azerbaijan, 17 Agustus 2017. Panas teriknya musim panas di Azerbaijan tidak memupuskan semangat warga Indonesia dan friends of Indonesia untuk berkumpul di Wisma Duta Indonesia guna merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 72. Tepat pukul 10 waktu setempat, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dengan khidmat.

Pasukan pengibar bendera merah putih tahun ini terdiri dari enam orang, diantaranya terdapat tiga laki-laki dan tiga perempuan, Uniknya tiga orang perempuan ini adalah mahasiswi lokal Azerbaijan yang sudah berlatih selama dua bulan penuh. “Para mahasiswi Azerbaijan ini secara rutin berlatih di Wisma Indonesia, karena kebetulan mereka juga sedang libur musim panas,” ujar Antonius Iman, pelajar Indonesia di Baku, yang juga merupakan salah satu tim pengibar bendera di Baku kali ini.

Setelah upacara bendera berlalu, para hadirin berkumpul memanjatkan syukur dan doa untuk Indonesia sebelum Duta Besar untuk Azerbaijan, Dr Husnan Bey Fananie MA memotong tumpeng untuk merayakan kemerdekaan RI.

Bagi masyarakat Indonesia di Baku, dimana sambal dan tempe merupakan barang langka, tumpeng lengkap merupakan pengobat rindu akan tanah air. Di hari istimewa ini, potongan pertama tumpeng di Baku dipersembahkan kepada Bapak Sulaiman, pria kelahiran tahun 1938 yang telah berada di Azerbaijan lebih dari 30 tahun.

“Tumpeng adalah simbol rasa syukur kita atas kemerdekaan RI yang dapat kita rayakan sebagai individu yang merdeka, yang memiliki kesempatan untuk bisa ikut berperan dalam menjaga keamanan dunia,” jelas Dubes RI di Azerbaijan dalam kesempatan yang sama.

Pada sore harinya, masih dalam semarak perayaan HUT RI ke-72, diadakan panggung rakyat. Ada penampilan tari-tarian daerah Indonesia dari para mahasiswa lokal yang belajar studi Indonesia di Azerbaijan University of Languages, penampilan band dari para mahasiswa Indonesia di Azerbaijan serta penampilan musik khusus yang disajikan oleh Dubes RI.


Sumber: KBRI Baku

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Spektakuler! Kemeriahan Countdown Menuju Asian Games 2018 Sebelummnya

Spektakuler! Kemeriahan Countdown Menuju Asian Games 2018

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia Selanjutnya

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

astrid septriana
@gochits

astrid septriana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.