SEA GAMES 2017: Agus Prayogo Sumbang Medali Perak Pertama Untuk Indonesia

SEA GAMES 2017: Agus Prayogo Sumbang Medali Perak Pertama Untuk Indonesia
info gambar utama

Pelari jarak jauh nasional, Agus Prayogo, mempersembahkan medali perak untuk Indonesia pada nomor maraton putra SEA Games 2017 yang berlangsung di National Stadium KL Sport City, Bukit Jalil, Putrajaya pada Sabtu 19 Agustus 2017 lalu. Maraton merupakan nomor pertama atletik yang diperlombakan di SEA Games. Bagi Agus, debut pertamanya di nomor maraton ini merupakan proses yang sangat sulit. Namun, dia selalu menyukai tantangan.

“Ini maraton pertama saya. Saya terkendala suhu atau kelembaban udara dalam pertandingan tadi. Kondisi itulah yang membuat saya kesulitan untuk mengejarnya,” Kata Agus.

Sumbangan Agus merupakan medali perak pertama bagi kontingen Merah Putih di ajang SEA Games tahun ini. Agus memulai perlombaan dengan baik. Pada awal start hingga akan mencapai finish, Agus yang mengenakan nomor dada 133 itu langsung tampil paling depan. Peraih emas PON XIX/2016 yang juga anggota TNI AD tersebut berada di rombongan pertama bersama peraih emas SEA Games 2017, yaitu Soh Rui Yong dari Singapura. Agus mencatatkan waktu 2 jam 31 menit dan 20 detik. Catatannya kalah dari Soh Rui Yong yang hanya selisih dua menit, yakni 2 jam 29 menit 27 detik.

Agus berhasil meraih medali perak nomor lari marathon cabang atletik | liputan6.com
info gambar

Agus sendiri mengakui keunggulan atlet asal Singapura tersebut. Menurut dia, sejak start dirinya sudah menjaga ritme tetapi Soh Rui Yong selalu menempel di belakangnya. Kondisi tersebut sebenarnya membuat persaingan semakin ketat, namun hasil akhirnya berbeda.

“Saya mengakui keunggulan atlet Singapura. Secara umum saya kurang puas dengan hasil ini. Saya harus terus memaksimalkan kemampuan untuk meraih hasil yang terbaik.” Tambah Agus.

Luky Afafi selaku Direktur Program Kepelatihan Performa Tinggi Lomba 2 mengatakan bahwa Agus kurang recovery setelah mengikuti berbagai event sehingga sulit menaklukkan Soh Rui Yong yang lebih siap.

Keberhasilan Agus ini membuat posisi Indonesia di klasemen umum naik ke peringkat ketiga dari sebelumnya di peringkat keempat.


Sumber: dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini