Ini Jalur Tol Bandung - Tasikmalaya - Cilacap - Yogyakarta - Solo

Ini Jalur Tol Bandung - Tasikmalaya - Cilacap - Yogyakarta - Solo
info gambar utama

Pemerintah akan membangun jalan tol dari Bandara Kulon Progo ke Kota Yogyakarta untuk memperlancar akses dari dan ke bandara baru propinsi DIY tersebut. Rencana pembangunan jalan tol dari Bandara Kulon Progo ke Kota Yogyakarta merupakan bagian dari rangkaian proyek pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap-Yogyakarta-Solo.

“Proyek pembangunan jalan tol dari Cilacap ke Yogyakarta akan dibelokkan jalurnya melalui utara Bandara Kulon Progo. Kalau tidak dibelokkan nanti akan menabrak Bandara Kulon Progo. Kalau dibelokkan ke selatan tidak mungkin karena sudah mentok laut,” terang Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Rencana tol Bandung - Yogyakarta | Transportasi Rakyat - blogger
info gambar

Pembangunan jalan tol dari Cilacap ke Yogyakarta yang akan melalui Bandara kulon Progo ditargetkan bisa dimulai pada 2018. Proyek ini akan menggandeng pihak swasta. "Mereka (swasta) sudah memasukkan (proposal) dan sekarang sedang dievaluasi. Habis itu baru nanti kita usulkan penetapan lokasi (penlok)-nya, baru pembebasan lahan, baru mulai (pembangunan)," urai Basuki.

Basuki menyampaikan, sebelum pengerjaan proyek jalan tol Cilacap-Yogyakarta, akan lebih dulu dikerjakan jalan Yogyakarta ke Solo. Pasalnya, jalur Yogyakarta-Solo akan menjadi satu proyek jalan tol dari Bandung sampai Solo.

Elevated road | cepagram
info gambar

"Pengerjaan jalan Yogyakarta ke Solo akan menggunakan konsep elevated road. Karena Yogyakarta-Solo sudah padat ya salah satu alternatifnya dengan elevated seperti Cikampek- Jakarta, " terang Basuki.

Sumber : Merdeka.com | Jogja.co

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini