Menjelang Perayaan HUT Ke-58, Kobar Siapkan Batik Resmi Khas Daerah

Menjelang Perayaan HUT Ke-58, Kobar Siapkan Batik Resmi Khas Daerah

Penandatangan MoU antara Wakil Bupati Kobar dengan Perwakilan pihak BBKB Yogjakart, Senin (21/08/2017) © Tabengan.com

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan kerjasama dengan Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB) Yogjakarta terkait pembuatan desain batik khas Kobar. Sejauh ini Kobar memang belum memiliki batik resmi khas daerah.

“Kobar sudah berusia 58 tahun tapi hingga kini belum memiliki batik ciri khas, sedangkan Kabupaten pemekaran dari Kobar sudah memiliki batik ciri khas,” ungkap Wakil Bupati, Senin (21/8) lalu, usai melakukan MoU dengan Balai Besar kerajinan dan batik Yogyakarta.

Setelah ditandatanganinya MoU antara Wakil Bupati Kobar dengan pihak Balai Besar Kerajinan Batik Yogjakarta Senin (21/8) kemarin, maka proses pembuatan batik yang menjadi ciri khas Kobar telah dimulai.Balai Besar Kerajinan Batik Yogjakarta mendesain awal batik yang akan menjadi ciri khas Bumi Marunting Batu Aji tersebut. Para tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda, dan pelaku seni di Kobar juga akan dimintai masukan mengenai desain batik khas itu.

Dalam motif batik khas Kobar akan ditambahkan beberapa unsur, diantaranya flora dan fauna seperti orangutan yang menjadi ikon Kobar. Setelah desain batik ciri khas disepakati dan dilaunching maka pihak BBKB akan langsung melakukan pencetakan.

Batik ciri khas Kobda nantinya akan diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda) penetapan batik ciri khas Kobar.

” Kalau sudah ada Perdanya maka ASN pun diwajibkan menggunakan batik yang ada, begitu pun dengan sekolah yang ada di Kobar harus menggunakan batik yang menjadi ciri khas Kobar,” Ujar Wakil Bupati.

Ahmadi Riansyah berharap agar desain batik segera dirampungkan sehingga pada tanggal 3 Oktober yang bertepatan dengan HUT Kobar ke-58 batik khas tersebut sudah bisa dikenakan.


Sumber:Tabengan.com | Prokal.co

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Siapa Sangka Harta Karun Banyak Terpendam di Tanah Indonesia? Sebelummnya

Siapa Sangka Harta Karun Banyak Terpendam di Tanah Indonesia?

Jelang 55 Tahun Perkembangan Teknologi Material Indonesia Selanjutnya

Jelang 55 Tahun Perkembangan Teknologi Material Indonesia

Farida Hasanah
@farida14

Farida Hasanah

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.