Siapa Sangka Harta Karun Banyak Terpendam di Tanah Indonesia?

Siapa Sangka Harta Karun Banyak Terpendam di Tanah Indonesia?

Emas Jepang yang diduga banyak tertimbun di Indonesia© Boombastis

Dahulu, Indonesia dikenal sebagai negeri dengan berbagai kerajaan. Dari kerajaan tersebutlah banyak terdapat peninggalan-peninggalan berharga yang masih ada sampai sekarang. Dipercaya, salah satu peninggalan kerajaan-kerajaan nusantara tersebut adalah harta karun berupa emas. Tak hanya berasal dari kerajaan, harta karun tersebut konon juga merupakan hasil penjarahan beberapa bangsa yang pernah menjajah Indonesia seprti Belanda, jepang bahkan Portugis.

Harta tersebut juga dipercaya masih terpendam dan menunggu para pemburu harta menemukan mereka. Tertarik untuk menemukannya? Yuk simak apa saja harta karun yang terpendam itu!

  1. Harta Warisan Bung Karno
Sumber: yayasan aku dan sukarno
Sumber: yayasan aku dan sukarno

Diinfokan, Bung Karno sempat mengumpulkan banyak emas batangan dengan cetak gambar dirinya seusai perang revolusi. Harta-harta tersebut terpendam didalam tanah-tanah diseluruh Pulau Jawa. Harta ini sulit sekali ditemukan karena dianggap dilindungi oleh kekuatan mistis. Konon, harta tersebut dilindungi agar tak digunakan oleh orang-orang yang berniat jahat.

2. Harta Warisan Tomoyuki Yamashita

emas batangan Filipina

Seorang jenderal jepang yang dieksekusi mati di Filipina bernama Tomoyuki Yamashita karena telah melakukan berbagai kejahatan. Sebelum ia dieksekusi, Yamashita ditugaskan untuk membawa emas batangan hasil jarahan saat perang dunia ke-II. Saat Jepang mulai kalah, Ia pun menyembunyikan emas-emas batang tersebut di gua yang ada di Pulau Jawa. Bukan omong kosong, Mayor Kawilarang pernah temukan salah satu emas tersebut di Bogor. Emas-emas Jepang yang dibawa Yamashita tersebut juga disebut-sebut sebagai salah satu harta karun terbesar di dunia. Karna tak hanya di Indonesia, harta karun tersebut juga tersebar sampai ke Filipina, Malay, Singapura dan yang lainnya. Sampai saat ini, harta tersebut belum seluruhnya ditemukan.

3. Harta Karun Kerajaan Majapahit

Hasil gambar untuk Harta Karun Kerajaan Majapahit

Berpusat di Jawa Timur, kekayaan Kerajaan Majapahit yang terkenal berupa koin emas serta berbagai perabotan yang terbuat dari emas. Kekayaan tersebut banyak terkubur di reruntuhan Kerajaan Majapahit. tak banyak yang tahu, harta terbesarnya pun masih menjadi misteri. Beberapa harta yang telah ditemukan kini sudah disimpan di museum.

4. Reruntuhan Flor Do Mar

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Gambaran Kapal Flor De Mar (© Yuk Kepo)

Flor Do Mar merupakan kapal Portugis yang membawa banyak barang jarahan. Berlayar di sekitar Selat Malaka, diperkiraan terdapat 60 ton emas beserta berlian dan permata. Saat dalam perjalanan kapal tersebut karam dan sampai sekarang tidak dapat ditemukan. Harta yang berada di kapal tersebut berkisar hingga 60 miliar dolar. Banyak oranag yang berambisi mencari harta tersebut namun gagal. Salah satunya adalah Robert Max yang telah menhabisakan 200 miliar dalam misi pencarian harta tersebut namun tetap gagal.

5. Harta Karun Kerajaan Sriwijaya

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Gambaran kerajaan Sriwijaya (© Jago Sejarah)

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang konon terbesar dan termakmur di Asia Tenggara. Sriwijaya pun tentunya memiliki kekayaan yang sungguh banyak. Pada tahun 2009, ditemukan sebuah patung emas senilai 4 miliar di Sungai Musi yang dipercaya merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Tapi hingga sekarang kekayaan lainnya belum ditemukan oleh pemerintah sekalipun.

Kelima harta karun tersebut merupakan sebagian kecil harta karun Indonesia yang cukup fenomenal. Ke depannya, pasti akan banyak sekali harta karun yang dapat ditemukan dengan adanya peralatan dan teknologi yang semakin canggih. Semoga saja harta-harta tersebut nantinya dapat ditemukan oleh oknum-oknum yang bertanggungjawab dan dijadikan warisan negeri ini agar generasi kita selanjutnya bisa mengetahui betapa kayanya Indonesia!


Sumber: Diolah dari berbagai Sumber

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi16%
Pilih TerpukauTerpukau18%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Berkat Teknologi Ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan Bakal Bisa Awasi Kapal di Laut Indonesia Sebelummnya

Berkat Teknologi Ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan Bakal Bisa Awasi Kapal di Laut Indonesia

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.