Rifda Irfanaluthfi, Si Gadis Belia Penyumbang Lima Medali untuk Indonesia

Rifda Irfanaluthfi, Si Gadis Belia Penyumbang Lima Medali untuk Indonesia
info gambar utama

Prestasi kembali disumbangkan atlet Indonesia di ajang SEA Games 2017. Rifda Irfanaluthfi, atlet cabang senam artistik berhasil menyumbang emas ke-13 bagi kontingen Indonesia pada Rabu (23/08).

Ini merupakan emas pertama bagi cabang senam nomor balok keseimbangan (apparatusbalancebeam), yang diperoleh Rifda dengan nilai 13,125. Meski sempat alami cidera betis saat mendarat, ia tetap tampil memukau. Rifda tak menyangka dapat merebut emas di nomor ini, sebab ia menarget medali emas di nomor senam lantai.

“Rasanya seperti merinding, gemetar, terharu, semuanya. Ini adalah emas pertama saya di kejuaraan internasional," jelasnya pada Tribun News.

Sebelumnya Rifda berhasil meraih medali perunggu di nomor aparatus exercise, medali perak pada cabang nomor meja lompat putri dan medali perunggu dari nomor palang bertingkat. Dengan demikian, ia telah mengumpulkan empat medali SEA Games 2017 bagi Indonesia.

Rifda Irfanaluthfi | tribunnews.com
info gambar

Rifda pernah pula mengikuti World Artistic Gymnastics Championships di Glasgow, Skotlandia pada 2015, dimana ia juga keluar sebagai pemenang. Meski telah torehkan prestasi besar bagi Indonesia, usia Rifda masih belia. Perempuan kelahiran Jakarta ini baru berumur 17 tahun.

Saat menerima emas, Rifda tampak bahagia. Dengan bangga ia kibarkan bendera merah-putih dan berlari mengelilingi podium. Tak lupa ia peluk lawannya berlaga di arena, yaitu pesenam Malaysia dan Filipina yang masing-masing mendapat medali perak dan perunggu. Begitulah cara Rifda menghormati lawan, cara yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia sesungguhnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini