Dari Google untuk Indonesia: Berbagai Produk Terbaru Bermuatan Lokal

Dari Google untuk Indonesia: Berbagai Produk Terbaru Bermuatan Lokal
info gambar utama

Google Indonesia menggelar acara "Google for Indonesia 2017" pada Kamis (25/08) di Jakarta. Strategi pengembangan teknologi terbaru Google untuk pengguna Indonesia, dibeberkan di sini. Sebagian besar mengandung konten lokal, demi pengembangan pengalaman pengguna.

Diantara teknologi tersebut adalah aplikasi Google Assistant yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia, serta Youtube Go. Perusahaan teknologi informasi raksasa ini juga mengumumkan peluncuran sejumlah program kemanusiaan.

Khusus aplikasi Google Allo yang dapat diunduh dengan perangkat Android maupun IOS, pengguna kini dapat bertanya dan mendapat jawaban dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya Indonesia, Google juga telah menyediakan berbagai bahasa lokal lainnya di berbagai negara.

Sedangkan layanan video Youtube Go akan segera masuk ke Indonesia. Aplikasi akan menguntungkan pengguna telepon genggam, sebab teknologi yang digunakan memastikan bahwa pengguna dapat mengontrol penggunaan data internet. Hal ini dapat memungkinkan, sebab dalam teknologi tersebut telah menggunakan fitur P2P pada video yang dapat disaksikan tanpa internet maupun pengaturan pengunduhan.

Aplikasi terbaru lainnya adalah menyangkut jalan pintas (shortcut) dalam aplikasi Google. Ada pula fitur terbaru dalam aplikasi Search, yang akan menjawab pertanyaan seputar masalah kesehatan. Aplikasi ini telah merekam 700 persoalan kesehatan paling banyak menjadi pertanyaan masyarakat Indonesia, beserta dengan solusinya.

Aplikasi penunjuk jalan Waze telah menambahkan rute baru. Ditambahkan pula fitur petunjuk suara dalam Bahasa Indonesia, yang akan menunjukkan keterangan hingga nama jalan. Waze juga memungkinkan pengguna untuk merekam suaranya sendiri sebagai suara navigator.

Produk terakhir yang diumkan adalah Google Station. Ini merupakan layanan pusat internat (Wi-Fi hotspots) yang menggunakan FiberStar dan CBN. Sebagai awalan, layanan tersebut dapat dinikmati di ratusan titik di Pulau Jawa dan Bali pada tahun depan.

Selain berupa aplikasi berbasis teknologi, Google juga mengumumkan rencananya untuk melatih 10.000 pengembang aplikasi Android pada 2020. Selain itu diluncurkan pula aplikasi Prime untuk melatih pebisnis lokal untuk mengembangkan usahanya.


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini