Sepak Terjang Indonesia di SEA Games, dari Masa ke Masa

Sepak Terjang Indonesia di SEA Games, dari Masa ke Masa
info gambar utama

Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (Southeast Asian Peninsular Games) atau disingkat SEAP Games merupakan cikal bakal SEA Games. SEAP Games dicetuskan pada 1959 oleh Laung Sukhumnaipradit yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand.

SEAP Games ditujukan untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara. Saat itu negara yang terlibat adalah ajang dua tahunan dengan 12 cabang olahraga ini adalah Thailand, Burma, Malaysia, Laos, Vietnam, Kamboja dan Singapura.

Bersama Filipina, Indonesia mulai bergabung pada 1977, bersamaan dengan penggantian nama menjadi Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games) yang dikenal dengan SEA Games. Pada keikutsertaan di tahun pertamanya tersebut, Indonesia keluar menjadi Juara Umum, diikuti dengan Thailand dan Filipina yang masing-masing menjadi Runner-Up 1 dan 2.

Hingga sepuluh pertandingan setelahnya, Indonesia terus menjadi Juara Umum, meski posisinya sempat dua kali digantikan Thailand pada SEA Games ke XIII dan XVIII. Setelahnya butuh tujuh kali SEA Games bagi Indonesia untuk mengembalikan posisinya sebagai Juara Utama, yaitu di tahun 2011. Hingga dua kali penyelenggaraan berikutnya, Indonesia tidak mendapat posisi juara.

Sejak bergabung pada penyelenggaraan SEA Games IX, Indonesia empat kali menjadi tuan rumah yaitu pada 1979, 1987, 1997 dan 2011. Ini merupakan penyelenggara terbanyak, selain Malaysia yang juga telah empat kali. Negara lain seperti Thailand, Filipina dan Singapura telah mnjadi penyelenggara sebanyak tiga kali, sedangkan Laos, Vietnam, Brunai dan Myanmar maisng-masing satu kali. Hanya Kamboja dan Timor Leste yang belum pernah menjadi tuan rumah.

Hingga kini, Indonesia telah mengantongi 1714 emas, atau hanya satu emas lebih sedikit dibanding Thailand. Untuk perak sebanyak 1558 dan 1580 perunggu. Total seluruh penghargaan adalah sebanyak 4.852.

Akankah Indonesia menambah angka perolehan medali, untuk membuatnya keluar sebagai Juara Umum pada SEA Games 2017 ini?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini