Begini Kemeriahan, Kota Bandung Ketika Menjadi Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan 2017

Begini Kemeriahan, Kota Bandung Ketika Menjadi Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan 2017
info gambar utama

Kota Bandung didaulat sebagai tuan rumah Karnaval Kemerdekaan HUT RI ke-72. Acara yang bertajuk 'Pesona Parahyangan' itu dilaksanakan Sabtu lalu (26/08). Seniman dan budayawan dari penjuru Tanah Air menampilkan karyanya dalam balutan tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama" dengan tujuan untuk memikat wisatawan dari dalam dan luar negeri. Acara ini menjadi acara puncak dalam rangkaian penutupan peringatan kemerdekaan HUT RI ke-72.

Presiden RI buka karnaval kemerdekaan 2017 | kompas
info gambar

“Karnaval Kemerdekaan 2017 kali ini dikemas sangat apik, menampilkan berbagai kebudayaan milik Indonesia. Hal ini bertujuan agar salah satu kekayaan bangsa berupa kebudayaan, yang ditampilkan melalui kesenian, dapat terus dilestarikan dan tidak terkikis oleh zaman,” kata Esthy Reko Astuti, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

Esthy Reko Astuti juga menjelaskan bahwa Karnaval HUT Kemerdekaan ke-72 RI ini merupakan proses kesadaran berbangsa dan bernegara yang diselenggarakan oleh berbagai kalangan. Dulu dikenal dengan nama karnaval budaya, karnaval ini merupakan agenda rutin tahunan yang dihelat di Istana Negara dengan partisipasi dari 34 provinsi se-Indonesia.

Sejak tahun 2015, karnaval ini tidak lagi diselenggarakan di ibu kota tetapi bergilir di berbagai penjuru Indonesia. Kota Bandung sendiri merupakan kota ketiga dalam perhelatan Karnaval Kemerdekaan yang telah digelar sejak 2 tahun lalu tersebut. Tahun lalu, Karnaval Kemerdekaan tersebut bernama Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige-Toba Samosir dan tahun 2015 disebut Karnaval Khatulistiwa yang diselenggarakan di Pontianak-Kalimantan Barat.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan | Tribunnews
info gambar

“Kita pilih Bandung dan Jawa Barat untuk perayaan karnaval kemerdekaan bukan tanpa alasan. Karena di Bandung gudangnya seniman, banyak kelompok kreatif,” ucap Teten Masduki selaku Kepala Staf Kepresidenan dalam acara jumpa pers.

Acara tersebut digarap langsung oleh seniman Bandung seperti Aat Suratin dan Tisna Sanjaya. Dynand Fariz juga turut terlibat dengan menghadirkan talent Jember Fashion Carnaval (JFC) 2017. Selain JFC, karnaval ini melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Bandung dipadati pengunjung sabtu lalu | Tribunnews
info gambar

Selain itu, acara tersebut juga diramaikan oleh Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia.

Karnaval ini sendiri melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Parahyangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

Penampilan Beberapa Karnaval | okezone.com
info gambar

“Mudah-mudahan nanti dengan kolaborasi oleh teman-teman seniman Bandung peserta karnaval di Jawa Barat lebih meriah lagi. Dan, nanti ditambah juga dari peserta-peserta dari luar Jabar seperti Jember festival, Solo Batik Karnival, dan Tomohon International Festival yang sudah biasa menyelenggarakan karnaval,” ujar Teten Masduki.

Teten Masduki juga menambahkan bahwa safari perayaan puncak kemerdekaan ini sengaja dilaksanakan agar setiap daerah bisa merasakan kemeriahan kegiatan nasional.

“Sejak 2015 Pak Presiden mulai tur ke luar Jakarta. Supaya perayaan kemerdekaan itu tidak hanya dirasakan warga Jakarta tapi di berbagi daerah supaya kepemilikan terhadap kegembiraan kita rasakan. Ini juga bisa dijadikan satu tradisi yang mungkin nanti bisa diteruskan oleh kota-kota yang kami datangi ini untuk dijadikan sebagai destinasi wisata,” jelasnya.

Pak Jokowi Hadiri Karnaval Kemerdekaan di Bandung | Tempo
info gambar

Sementara itu, Presiden Joko Widodo hadir dalam karnaval ini. Pak Jokowi yang mengenakan pakaian adat sunda berwarna ungu bersama Ibu Negara Iriana pun memimpin pawai karnaval dengan mengendarai mobil hias rancangan seniman Tisna Sanjaya.

Sebelumnya, rangkaian acara turut memeriahkan karnaval yang digelar setahun sekali ini seperti pertunjukan wayang golek untuk murid sekolah di Pendopo pada 19 Agustus, Bandung Run 2017 pada 20 Agustus, dan Braga Culinary Night pada 20 Agustus malam harinya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini