Keren, Anak Muda Ini Cover Lagu Nasional ke Musik Modern EDM

Keren, Anak Muda Ini Cover Lagu Nasional ke Musik Modern EDM
info gambar utama

Mendengar lagu nasional tentu menjadi sebuah kebanggaan, lewat lagu-lagu yang bergelora itu juga tak jarang rasa nasionalisme tumbuh berkembang. Berangkat dari kebanggaan itulah membuat Auwalur Rizqi Al-Firori, pemilik akun youtube "Alffy Rev Official" mengunggah sebuah karya baru bertemakan lagu nasional.

Berbeda dengan lagu nasional pada umumnya yang kita dengar, Alffy biasa disapa, mengemas salah satu lagu nasional berjudul "Tanah Airku" menjadi musik yang sangat enerjik dan kekinian dengan tidak meninggalkan sentuhan musik tradisional di dalamnya.

"Bagi saya ini salah satu bentuk langkah saya untuk membangkitkan momentum perjuangan para pahlawan lewat lagu nasional yang dikemas secara revolusioner dan modern dengan menyertakan gamelan dalam balutan musikalnya", pungkas Alffy dalam sebuah wawancara bersama GNFI .

Alffy yang juga menjadi director dan editor di semua video yang telah diproduksinya mengungkapkan alasannya membawa musik tradisional ke dalam video yang ia unggah agar generasi muda lebih mengapresiasi lagi dengan musik-musik tradisional.

"Alasan kenapa memuat sentuhan gamelan, karena di jaman modern saat ini generasi muda kita kurang mengapresiasi musik tradisional, dan mungkin dengan perpaduan seperti ini mereka bisa menerima sesuai era saat ini," jelasnya.

(Alffy/dok pribadi)
info gambar

Namun menurut Alffy, langkahnya mengemas lagu nasional dalam bentuk yang lebih modern juga tidak berjalan mulus, protes dan komentar netizen pun tak jarang bersliweran di akun media sosialnya.

"Netizen indonesia memang masih banyak yang kurang berfikir terbuka soal ini, yang pasti tujuan saya tulus untuk mengangkat lagu-lagu nasional yang sudah mulai terlupakan, hingga bisa diterima dengan senang hati oleh generasi saat ini", terang Alffy.

Alffy yang ke depannya berniat mengemas kembali lagu nasional ke musik modern ini pun berpesan untuk Indonesia yang akan menyongsong usia ke-100 tahunnya agar bisa menjadi negara kreator yang menciptakan beragam inovasi di berbagai bidang.

"Kita harus menjadi bangsa yang independen, Indonesia harus menjadi negara kreator, yang selalu bisa menciptakan inovasi-inovasi baru di berbagai sektor. terutama sektor seni (musik)", jelas Alffy.


Berikut video 'Tanah Airku" yang mengambil tempat shooting di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini