Kalahkan Peringkat Satu Dunia, Ganda Campuran Andalan Badminton Indonesia Raih Juara Di Glasgow

Kalahkan Peringkat Satu Dunia, Ganda Campuran Andalan Badminton Indonesia Raih Juara Di Glasgow
info gambar utama
Pentas Pekan Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games memang masih menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa selain kontingen-kontingen Indonesia yang berjuang di SEA Games, dua anak bangsa berhasil persembahkan emas untuk Merah Putih di ajang turnamen Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia. Mereka adalah Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Owi dan Butet, begitu mereka akrab disapa, kemarin 27/08 waktu setempat kembali meraih gelar juara dunia ganda campuran usai mengandaskan pasangan wakil Tiongkok peringkat satu dunia, Zheng Siwei dan Chen Qinchen dengan skor 15-21, 21-16, 21-15. Kemenangan tersebut diraih dalam laga yang cukup panjang, 55 menit.

Melawan peringkat satu dunia memang bukan perkara yang mudah. Owi dan Butet berulangkali kesulitan mengimbangi permainan Zhen dan Chen. Keduanya bahkan berulang kali tertinggal angka. Hingga akhirnya harus mengakui juara unggulan itu di babak pertama dengan angka 15-21.

Di babak kedua, permainan tetap sengit. Kejar mengejar angka terjadi hingga kedudukan imbang 7-7. Namun usai keadaan seimbang, pasangan Owi dan Butet mampu mendominasi permainan. Angka demi angka diperoleh dan pasangan Tiongkok tampak kesulitan untuk mengejar meski sempat mengurangi jarak. Owi dan Butet akhirnya memenangkan babak kedua dengan angka cukup jauh 21-16.

Babak penentuan pun menjadi seru. Dengan posisi imbang 1-1 wakil Indonesia melawan wakil Tiongkok harus memenangkan babak ini untuk keluar sebagai juara. Namun pasangan Tiongkok tidak mampu menjaga performanya sebagaimana di babak pertama.

Pasangan Zheng dan Chen harus mengakui keunggulan Owi dan Butet secara telak dengan jarak 10 angka, 11-1. Keduanya tidak serta merta menyerah, dan beberapa kali berhasil mencuri angka. Tetapi jarak angka sudah terlampau jauh pasangan Tiongkok itu akhirnya kalah berkat pukulan smash keras dari Tontowi Ahmad menyudahi laga dengan skor 21-15.

Hail ini menjadi prestasi kedua yang diraih pasangan ganda campuran Tontowi dan Liliyana di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Sebelum meraih kemenangan di Glagow kemarin, keduanya sempat meraih gelar serupa di Guangzhou, Tiongkok pada tahun 2013.

Kemenangan Owi dan Butet menjadi satu-satunya emas di ajang tertinggi bulutangkis yang diselerenggarakan oleh Federasi Badminton Dunia (BWF) itu. Sebab wakil Indonesia lain, seperti pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Rian Saputro harus puas menjadi peringkat dua selepas ditundukkan wakil China, Liu Cheng/Zhang Nan dalam laga yang berakhir dengan skor 10-21, 17-21.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini