Sabet 14 Penghargaan, Tim Robot Indonesia Raih Juara Umum di Taiwan. Selamat!

Sabet 14 Penghargaan, Tim Robot Indonesia Raih Juara Umum di Taiwan. Selamat!

©kemenristekditkti

Prestasi membanggakan dicetak oleh para anak bangsa yang berlaga dalam kompetisi robot internasional yang baru saja berlangsung beberapa hari yang lalu. Tim Robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember(ITS) Surabaya berhasil menggondol 14 penghargaan dalam kompetisi Federation of International Robot – Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Cup) yang diselenggarakan di Taiwan. Pencapaian 14 penghargaan itu sukses menempatkan Tim Ichiro sebagai juara umum dalam kompetisi tersebut.

Mengirimkan tiga tim yang terdiri dari Tim Ichiro 1, 2 dan 3, ITS sukses memuncaki posisi tertinggi dari setiap kategori yang ada. Tim Ichiro 1 menjadi juara 2 United Soccer Kid Size, juara 2 Weightlifting Kid Size, serta juara 2 halang rintang Kid Size yang akhirnya menempatkan mereka sebagai juara umum peringkat 3 kategori Kid Size. Sementara itu, Juara Umum Peringkat 1 Kid Size juga diraih oleh ITS lewat Tim Ichiro 2 yang menjadi juara 1 Mini DRC Kid Size, juara 1 United Soccer Kid Size, Juara 1 Sprint Kid Size dan Juara 3 Halang Rintang Kid Size. Tim Ichiro 3 melengkapi rentetan juara dengan meraih juara 2 Mini DRC adult Size, juara 2 Sprint Adult Size, juara 2 Halang Rintang Adult Size dan juara 3 marathon Adult Size yang akhirnya menempatkan Ichiro 3 sebagai juara umum peringkat 3 untuk kategori adult size.

Tim Ichiro ITS bersama Perhimpinan Pelajar Indonesia di Taiwan dan deretan piala yang diraih (kemenristekdikti)
Tim Ichiro ITS bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan dan deretan piala yang diraih (kemenristekdikti)

Pencapaian ini merupakan pengulangan dari apa yang diraih tahun lalu. Dalam kontes yang sama di tahun 2016 silam, tim ITS berhasil pulagn dengan 10 penghargaan. Peningkatan jumlah penghargaan yang dicapai pada tahun ini merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan dari anak – anak bangsa yang berlaga di kancah internasional. Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Didin Waidin dalam siaran pers yang diterima menyatakan kebanggaannya akan kemenangan yang diraih oleh Tim Ichiro ITS tersebut. "Ini makin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Terima kasih ITS. Hidup mahasiswa ITS! Hidup mahasiswa Indonesia!" ungkapnya.

Sementara itu, Pembina UKT Robotika ITS, Muhtadin mengungkapkan harapannya bahwa kemenangan tersebut tetap menjadikan Tim Ichiro rendah hati namun menjadi pemicu semangat besar untuk berkompetisi dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

"Kami mengharapkan semangat ini menular ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika. Kami juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai, dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat," tuturnya.

Sekali lagi, selamat Tim Ichiro!


*GNFI

Pilih BanggaBangga72%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Sepak Terjang Indonesia di SEA Games, dari Masa ke Masa Sebelummnya

Sepak Terjang Indonesia di SEA Games, dari Masa ke Masa

Sirkuit Mandalika di NTB mulai dibangun Oktober ini! Selanjutnya

Sirkuit Mandalika di NTB mulai dibangun Oktober ini!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.