Yuk Intip, Peristiwa-Peristiwa Penting Tanggal 21 Agustus Selain Hari Maritim Nasional.

Yuk Intip, Peristiwa-Peristiwa Penting Tanggal 21 Agustus Selain Hari Maritim Nasional.
info gambar utama

Pada tanggal 21 Agustus lalu diperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Namun, hanya beberapa orang saja yang mengetahui peringatan ini. Pasalnya, peringatan Hari Maritim Nasional terganti dengan kemeriahan perayaan kemerdekaan RI setiap tahunnya yaitu pada 17 Agustus.

Meskipun tanggal 21 Agustus sudah berlalu, tak banyak yang tahu bahwa tanggal tersebut memiliki peristiwa-peristiwa tak kalah penting yang terjadi pada 21 Agustus untuk Indonesia, selain sebagai Hari Maritim Nasional, yakni:

1. 21 Agustus 1522

Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal | wikipedia
info gambar

Kerajaan Portugal dan Kerajaan Sunda mengadakan perjanjian persahabatan yang memperbolehkan Portugis membuat benteng di Sunda Kelapa. Perjanjian tersebut diabadikan dalam Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal.

2. 21 Agustus 1945

Pertempuran Angkatan Laut Indonesia dengan Jepang | Viva
info gambar

Angkatan laut Indonesia berhasil mengambil alih kekuasan militer laut Jepang di Indonesia. Lalu, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Maritim di Indonesia.

3. 21 Agustus 1945

Didirikannya Kepolisian NKRI | polri.go.id
info gambar

Pada tanggal 21 Agustus tahun 1945 Kepolisian Negara Republik Indonesia didirikan.

4. 21 Agustus 1945

perjuangan kemerdekaan Indonesia | kompas.com
info gambar

Meskipun Kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus, namun Kemerdekaan Indonesia baru diumumkan secara resmi di Aceh.

5. 21 Agustus 1995

Ratu Beatrix dan Presiden Soeharto | Liputan6.com
info gambar

Ratu Beatrix dari Belanda tiba di Jakarta. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dari seorang anggota kerajaan Belanda setelah hampir 14 tahun. Hal ini menjadi istimewa dikarenakan kedatangan Ratu Beatrix di tengah tekanan agar Belanda mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

6. 21 Agustus 1998

Bank Central Asia di tahun 1998 | asia.nikkei.com
info gambar

Pemerintah Indonesia mengambil alih kepemilikan bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia. Hal tersebut dilakukan dalam langkah penataan kembali (restrukturisasi) sektor perbankan di Indonesia dengan tujuan supaya struktur atau tatanannya lebih baik lagi.


Sumber: berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini