Tak Andalkan Emansipasi, Integritas Bawa Polwan Ini Menjadi Kapolda Wanita Pertama di Indonesia

Tak Andalkan Emansipasi, Integritas Bawa Polwan Ini Menjadi Kapolda Wanita Pertama di Indonesia
info gambar utama

Nama Rumiah Kartoredjo sangat tak asing di kalangan kepolisian, terutama polisi wanita. Namanya begitu dikenal sejak ia menjabat sebagai Kapolda Banten. Hal ini dikarenakan Rumiah adalah Kapolda wanita pertama di Indonesia. Integritas dan profesionalitas membawanya menduduki jabatan terhormat tersebut. Tak berbeda dengan polisi wanita lainnya, keberadaan Rumiah sebagai Kapolda Banten pada tahun 2008-2010 dinilai tegas namun tampak lembut. Polwan memiliki peran yang sentral di Polri, tak hanya sebagai pelengkap. Gender tak lagi dikedepankan, melainkan integritas dan profesionalitas.

Brigjen Pol Rumiah memaknai jabatan yang ia miliki sebagai sebuah tanggung jawab besar, komitmen, dan tentunya pengabdian. Karir kepolisiannya dimulai di Polda Metro Jaya sebagai salah seorang Kasubbag Binmas. Karirnya terus melanjak dan kemudian ia ditugaskan ke Direktorat Pendidikan Polri, Paba Madya Personel Mabes Polri, Waka Sepolwan, Kepala Sepolwan, Divisi Humas Polri, Lemdiklat Polri, dan sampai pada kursi Kapolda Banten. Dengan rentetan perjalanan karir yang gemilang tersebut, Brigjen Pol Rumiah mendapat julukan sebagai “Kartini Baru di Abad Milenium.”

Brigjen Pol (Purn) Rumiah Kartoredjo, Kapolda Wanita Pertama di Indonesia
info gambar

Saat ini, Brigjen Pol Rumiah Kartoredjo telah purna tugas dari Kepolisian Republik Indonesia. Menjelang purna tugas, Rumiah menyerahkan jabatannya pada Brigjen Pol Agus Kusnadi pada upacara sertijab di Rupatama Mabes Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolri saat itu, Jenderal Pol Bambang Hendarso.


Sumber: ntmcpolri.info

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini