Ari Munandar: Orang Indonesia Sekaligus Orang Asia Pertama yang Berhasil Menjadi Executive Chef di Hilton Prague Old Town, Republik Ceko

Ari Munandar:  Orang Indonesia Sekaligus Orang Asia Pertama yang Berhasil Menjadi Executive Chef di Hilton Prague Old Town, Republik Ceko
info gambar utama

Gerardus Ari Munandar adalah chef asal Indonesia yang saat ini memegang jabatan penting di Restoran Hilton Prague Old Town, Republik Ceko. Tak main-main, ia merupakan executive chef. Chef Ari menjadi orang Indonesia sekaligus orang Asia pertama yang berhasil menjadi executive chef di Eropa. Pria dengan latar belakang pendidikan teknik mesin ini memang hobi memasak sejak kecil. Namun menjadi koki besar di dunia seperti sekarang tak pernah ada dalam daftar impiannya.

Chef asal Purwakarta ini mengawali kiprahnya di dapur mulai dari nol. Bali adalah tempat ia bekerja pertama kali. Ia bertemu dengan Chef Roberto Giudici. Chef Roberto merupakan atasan sekaligus mentor bagi Chef Ari. Kesempatan untuk mencari pengalaman di luar negeri datang dari sang mentor. Chef Ari melanjutkan karirnya menuju Sun City, Afrika Selatan. Langkah ini sekaligus membuka peluangnya menuju kancah internasional yang lebih lebar lagi.

Setelah dua tahun di Sun City, Afrika Selatan, Chef Ari memutuskan untuk melanjutkan karirnya dengan pindah ke Praha, Republik Ceko. Pada tahun 2006, Chef Ari bekerja di Mandarin Oriental, Praha. Ia menduduki posisi sebagai wakil kepala koki disana. Setelah dua bulan bekerja, executive chef disana mengundurkan diri sehingga Chef Ari yang mengisi posisi executive chef yang baru. Namanya mulai dikenal oleh banyak orang selama tiga tahun bekerja disana. Ia selalu mengkombinasikan kuliner nusantara pada setiap hasil masakannya. Hal ini ia lakukan sebagai langkah untuk memperkenalkan kuliner nusantara pada dunia sekaligus mencerminkan bahwa ia orang Indonesia.

Ari Munandar, Executive Chef di Hilton Prague Old Town
info gambar

Setelah tiga tahun di Mandarin Oriental, kesempatan emas datang pada Chef Ari untuk menjadi Executive Chef di Hilton Prague Old Town. Chef Ari kemudian menyajikan perpaduan Western Food dan tempe. Hidangan tersebut ia beri nama Raviolo Tempe Mangiami dan Sparkling Seaworld. Selain tempe, Chef Ari juga menyajikan nasi goreng di Hilton Prague Old Town. Tanpa disangka-sangka, nasi goreng menjadi menu popular selama dua tahun terakhir di Hilton Prague Old Town.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini