Sudah Tahu Sandal-sandal Khas Indonesia? Tradisional Tapi Modis

Sudah Tahu Sandal-sandal Khas Indonesia? Tradisional Tapi Modis
info gambar utama

Sandal merupakan alas kaki yang berfungsi untuk melindungi telapak kaki dari kotoran dan benda tajam. Selain berfungsi sebagai pelindung, sandal kini juga menjadi salah satu barang yang digunakan untuk menunjang penampilan. Sandal dapat mencerminkan kelas dan gaya hidup seseorang. Sandal hadir dengan berbagai bentuk dan bahan. Namun tahukah kalian bagaimana bentuk dari sandal tradisional sebelum terlihat sangat modis saat ini?

Dahulu, sandal dibuat dari bahan-bahan alam, seperti kayu, dedaunan, serabut, atau kulit binatang. Sandal pada masa kini sebetulnya masih menggunakan bahan yang sama dengan sandal tradisional, hanya saja dikemas lebih menarik mata sehingga dapat menarik banyak orang untuk memilikinya. Kita masih dapat menemui beberapa sandal tradisional di beberapa toko. Mau tahu penampilan sandal-sandal tradisional khas Indonesia? Ini dia:

  1. Sandal Bakiak

Bakiak hampir ada di seluruh Indonesia, hanya saja penamaannya yang berbeda. Seperti di Jawa Timur, bakiak lebih dikenal dengan nama kelompen. Bakiak terbuat dari kayu yang dibentuk secara sederhana kemudian diberi karet pada bagian depan untuk sandatan kaki.

Sandal Bakiak

  1. Kelom Geulis

Kelom geulis merupakan sandal yang sangat popular sampai ke kancah internasional. Bentuknya dinilai memiliki seni yang tinggi sehingga banyak kalangan meliriknya. Inovasi terus diciptakan demi menunjang eksistensi dari sandal ini. Model dan hiasan disesuaikan dengan kemauan konsumen dan tren yang berkembang. Tak ayal kini kelom geulis telah diekspor ke berbagai negara dan menjadikannya memiliki harga yang bersaing.

Sandal Kolom Geulis
info gambar
  1. Sandal Tarumpah

Tarumpah merupakan sandal tradisional khas Indonesia yang memiliki bentuk paling unik. Meskipun saat ini bahan bakunya sulit untuk didapat, banyak perajin masih memproduksinya demi menjaga tarumpah hilang dari peredaran. Perajin lebih memilih tidak mengganti bahan baku dikarenakan tidak ingin keaslian dari tarumpah berkurang.

Sandal Tarumpah
info gambar
  1. Tarumpah Bestong

Sandal ini adalah sejenis tarumpah yang berbahan baku dasar mirip dengan tarumpah. Bentuknya seperti sepatu pada umumnya. Tarumpah bestong menjadi barang langka sehingga jika dijual harganya menjadi mahal.

Tarumpah Bestong
info gambar
  1. Sandal Selop Tradisional

Selop adalah sandal tradisional khas Indonesia yang masih sering kita jumpai. Selop biasanya digandengkan dengan pakaian adat yang digunakan pada acara-acara pernikahan, khitanan, dan acara adat lainnya. Selop tertutup di bagian depan. Selop merupakan sandal tradisional khas Indonesia yang paling popular hingga saat ini.

Selop Khas Indonesia
info gambar
  1. Sandal Anyaman

Sandal anyaman berbahan dasar anyaman daun pandan, medong, lidi, dan eceng gondok. Agar sandal ini nyaman dipakai, alas yang digunakan dibuat dari karet atau bahan lain. Anyaman dibuat dengan warna dan bentuk yang beragam agar menghasilkan sandal anyaman yang cantik dan nyaman dikenakan.

Sandal Anyaman
info gambar


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini