Membuat Indonesia Kaya dengan Karnaval Budaya

Membuat Indonesia Kaya dengan Karnaval Budaya
info gambar utama

Baru-baru ini Indonesia mengadakan perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus 2017 dengan berbagai macam kegiatan. Sorak-sorai dikumandangkan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu. Banyak masyarakat Indonesia yang antusias untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ini dengan berbagai macam acara mulai dari pentas seni, perlombaan, hingga upacara bendera yang dilaksanakan dengan penuh penghayatan.

Perayaan-perayaan tersebut dilakukan di berbagai tempat di Indonesia tidak terkecuali Jawa Timur. Jawa Timur yang dikenal dengan tari Remo-nya ini menyemarakkan HUT Republik Indonesia yang ke-72 dengan berbagai karnaval budaya. Pelopor karnaval budaya di Jawa Timur yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah Jember Fashion Carnival di kabupaten Jember, Jawa Timur, yang diadakan di bulan nuansa Kemerdekaan setiap tahunnya. Jember Fashion Carnival menampilkan pawai budaya dengan kostum megah yang dibuat oleh perancang busana anak negeri yang berbakat untuk menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan budaya dan tidak pernah habis inspirasi anak bangsa dalam berkarya.

Mengikuti jejak Jember Fashion Carnival, berbagai daerah di Jawa Timur turut mengadakan pawai budaya dengan mengenakan busana yang megah dan tidak lupa untuk memberikan sentuhan budaya Indonesia di setiap detailnya. Dari kabupaten hingga desa-desa di Jawa timur ikut dalam menyemarakkan kemerdekaan Indonesia dengan karnaval budaya. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari dewasa hingga kanak-kanak, berjalan beriringan dan menonjolkan kostum yang mereka kenakan. Kostum megah yang menonjolkan kekayaan budaya beserta kearifan lokal Indonesia melenggang indah dalam karnaval budaya. Pakaian adat serta tarian daerah di Indonesia turut memeriahkan keindahan karnaval budaya mulai dari pakaian adat Madura, Jawa Timur, hingga kostum karnaval tentang hutan di Indonesia yang kaya akan hasil alamnya begitu mencolok dengan sentuhan khas Indonesia.

Karnaval Budaya yang diadakan di Indonesia menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan berbagai macam budaya yang berbeda, ras, suku, dan kearifan lokal yang patut diapresiasi serta diperkenalkan kepada negara-negara di dunia. Kegiatan tersebut dapat menarik turis asing dari berbagai negara datang ke Indonesia untuk sekadar mengetahui atau mempelajari berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Dengan demikian Indonesia juga turut dibantu dalam memperolah devisa yang lebih banyak dari kunjungan turis ke Indonesia serta budaya luhur bangsa tetap terjaga dari generasi ke generasi.


Sumber: https://www.jemberfashioncarnaval.com/main.php | https://www.suarasurabaya.net/mobile/kelanakota/detail/2017/192326-Semarak-Suasana-Kemerdekaan-dengan-Karnaval

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini