Pencapaian Beberapa Paduan Suara Indonesia Dalam Tingkat Internasional

Pencapaian Beberapa Paduan Suara Indonesia Dalam Tingkat Internasional

Paduan Suara SMAN 15 Surabaya © Libels Voice

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Paduan suara merupakan kelompok yang terdiri dari penyanyi-penyanyi yang dibagi oleh beberapa kelompok suara untuk menyanyikan lagu-lagu, mulai dari tradisional hingga pop, secara kompak dan harmonis yang dipimpin oleh seorang konduktor. Paduan suara tidak hanya tampil dalam acara-acara seprti acara kelulusan, namun juga dapat mengikuti lomba-lomba nasional maupun internasional. Tidak jarang paduan suara di Indonesia, yang terikat oleh suatu institusi atau tidak, mengikuti lomba-lomba di luar negeri untuk mengharumkan nama negeri ini.

Baru-baru ini, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari Universitas Brawijaya yang disebut juga dengan Brawijaya Student Choir, telah memenangkan dua kategori di lomba Andrea O Veneracion International Choral Festival yang diadakan di Manilla, Filipina pada 20-23 Juli 2017. Dua kategori tersebut adalah kategori Folk Song yang di dirigeni oleh Yudha Adhitama (juara pertama) dan kategori Chamber Choir yang di dirigeni oleh Annas Dwi Satriyo (juara kedua).

Untuk kategori Folk Song, Brawijaya Student Choir menyanyikan tiga buah lagu, salah satunya adalah lagu yang berasal dari Indonesia, yaitu Janger. Lagu yang berasal dari Bali ini dinyanyikan dengan warna suara yang berbeda dari lagu-lagu paduan suara pada umumnya. Lagu yang memiliki tingkat kesulitan ini ditampilkan juga dengan koreografi yang memukau para juri dan penonton.

Tidak hanya paduan suara tingkat mahasiswa saja yang telah memenangkan lomba di luar negeri, paduan suara SMAN 15 Surabaya juga telah memenangkan beberapa kategori di lomba Queen of Adriatic Sea Choral Festival and Competition yang diadakan Chatolica, Italia pada bulan Mei lalu. Kategori-kategori tersebut adalah 1st Place and Winner of Category Children & Yong Choir with Outstanding, Gold Diploma 3, Grand Champion of Queen of Adriatic Sea Choral Festival and Competition, dan juga penghargaan untuk sang konduktor yaitu Good Conductor.


Sumber: news.okezone.com kelanakota.suarasurabaya.net jawapos.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Potensi Tempat Wisata Untuk Indonesia Sebelummnya

Potensi Tempat Wisata Untuk Indonesia

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia Selanjutnya

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia

Irfan Januar
@irfanjann

Irfan Januar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.