Kalahkan Belanda, Indonesia Lolos 8 Besar Piala Dunia Tunawisma

Kalahkan Belanda, Indonesia Lolos 8 Besar Piala Dunia Tunawisma
info gambar utama

Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final Homeless World Cup (HWC) 2017. Capaian ini diperoleh setelah memenangi pertandingan melawan Belanda.

Dalam laga terakhir Grup A pada Minggu (03/09) tersebut, Belanda kalah telak dari Indonesia dengan skor 10-1. Indonesia bahkan unggul 6-0 sejak babak pertama. Ini merupakan kemenangan kedua tim yang diasuh Sabrun Hanapi tersebut, setelah sebelumnya meraih skor 6-3 atas Denmark dan 5-4 atas Mesir.

Satu-satunya kekalahan yang diterima tim Indonesia yang diwakili Rumah Cemara tersebut adalah saat melawan Brazil dengan skor 1-2. Deretan kemenangan tersebut mengantar Indonesia untuk bertemu Brazil di perempatfinal Grup A.

Turnamen sepakbola ini dibuat untuk membantu tunawisma di seluruh dunia, agar dapat membangun hubungan dengan dunia luar. Dalam kelompok masyarakat, tunawisma kerap menjadi warga marjinal. Menjadikan sepakbola sebagai wadah perubahan, menjadi tujuan Mel Young dan Harald Schmied saat mendirikan organisasi Homeless World Cup pada 2001.

Selain tidak memiliki tempat tinggal tetap (homeless), orang-orang yang sedang mengikuti masa rehabilitasi atas penggunaan narkoba dan alkohol menjadi syarat bagi para pemain yang mengikuti HWC. HWC diadakan pertama kali di Graz, Austria pada 2003. Pertandingan dan kemenangan diyakini mampu meningkatkan kepercayaan diri tunawisma untuk bersaing dan dibanggakan.

Indonesia belum pernah memenangkan kejuaraan tersebut. Namun kemenangan berturut-turut dalam kejuaraan yang berlangsung di Oslo, Norwegia ini, membuat peluang Indonesia begitu terbuka.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini