Pantai Panceng Pariwisata Penggerak Ekonomi Desa

Pantai Panceng Pariwisata Penggerak Ekonomi Desa
info gambar utama

Objek wisata merupakan daya tarik tersendiri bagi daerah untuk mendapatkan penghasilan. Dengan pengelolaan yang tepat, akan banyak para wisatawan yang akan datang berkunjung. Kedatangan para wisatawan inilah yang bisa mendorong perekonomian masyarakat sekitar, salah satunya adalah objek wisata WISID (Wisata Segoro Indah Dalegan) yang ada di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.

Masih terjaganya kebersihan laut di Desa Dalegan menjadi alasan utama dijadikannya laut tersebut sebagai objek wisata. Dibuka untuk umum pada tahun 2003, WISID mengalami banyak kemajuan karena didukung oleh pemerintah desa melalui pembangunan. Salah satu kemajuan tersebut adalah terciptanya tempat berjualan di sekitar area wisata yang dapat menhgerakkan perekonomian desa maupun perorangan.

Harga tiket masuk yang termasuk murah yaitu 10.000 untuk dewasa dan 6.000 untuk anak-anak menjadi salah satu alasan utama dipilihnya WISID sebagai destinasi pilihan di Kota Gresik. Berbagai fasilitas yang tidak kalah menarik seperti taman anak, perahu karet, dan flying fox juga tersedia di WISID. Terdapat juga tempat pemancingan umum bagi wisatawan yang mempunyai hobi memancing.

Meski begitu, dengan adanya objek wisata tersebut juga menimbulkan masalah serius bagi warga sekitar. Salah satunya adalah masalah sampah yang dibuang di sembarang tempat. Kurangnya kesadaran wisatawan dalam membuang sampah akan berdampak langsung bagi objek wisata WISID, padahal pemerintah kota sudah menyediakan banyak tempat sampah untuk para wisatawan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini