1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum Diselenggarakan Di Bali

1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum Diselenggarakan Di Bali
info gambar utama

Provinsi Bali kembali dipercaya menjadi tuan rumah acara besar bertaraf Internasional, yakni 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum yang telah diselenggarakan tanggal 28-30 Agustus lalu.

Para petugas pemandu kapal alias “pilot maritim” Internasional dari 15 negara Asia Pasifik yaitu Jepang, Australia, New Zealand, Singapore, Malaysia, China Shanghai, Taiwan, Hongkong, Philipine, Vietnam, Papua New Guinea berkumpul di Pulau Dewata-Bali yang tergabung dalam International Maritime Pilots’ Association (IMPA) untuk mengikuti pertemuan selama tiga hari. Pertemuan kali ini sendiri adalah tindak lanjut dari pertemuan International Maritime Purchasing Association ke-23 yang berlangsung di Korea pada September tahun lalu.

Pertemuan 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum Dihadiri 15 Negara | maritimnews.com
info gambar

Acara yang bertajuk "Peran Pilot Maritim untuk Keberlanjutan Maritim" ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemanduan, serta memprioritaskan faktor-faktor keselamatan kapal, lingkungan dan kepastian pelayanan.

Simon Pelletier selaku Presiden International Maritime Purchasing Association mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut untuk mencapai kesamaan persepsi di kalangan pilot maritim di kawasan Asia Pasifik. Mereka ingin membangun kolaborasi multilateral di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan pelatihan pilot maritim.

“Pertemuan ini akan menampung aspirasi anggota asosiasi pilot maritim Asia Pasifik. Forum tersebut juga sebagai tempat bertukar pengetahuan, pengalaman, keterampilan, motivasi dan networking,” kata Simon Pelletier pada Viva, Selasa (29/08).

Menurut Pasoroan Herman Harianja, Presiden Indonesian Pilots Maritime Association (INAMPA), pilot maritim merupakan petugas pemandu kapal yang melakukan pelayanan lalu lintas kapal laut di pelabuhan. Pilot maritim perannya sangat sentral bagi keberhasilan kemajuan perekonomian di suatu negara.

Pasoroan Herman Harianja saat memberi kata sambutan | maritimnews.com
info gambar

“Pertemuan ini juga bagian dari usaha Ini Indonesian Pilots Maritims Association dalam membantu program-program pemerintah di bidang kemaritiman, salah satunya adalah lalu lintas kapal yang masuk ke pelabuhan,” ujarnya.

Forum ini diharapkan menjadi wadah untuk menampung aspirasi, gagasan dan pemikiran kepada pemerintah dan dunia Internasional mengenai keselamatan kemaritiman. Sehingga, antar anggotanya dapat menghasilkan kerja sama efektif multilateral yang menjadi penggerak kemaritiman dunia ke depannya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini